Budaya Kepemimpinan Ketua Yayasan Pesantren Dalam Membangun Kurikulum Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v11i2.521Abstract
Adapun tujuan dari artikel ini untuk menjelaskan tentang budaya kepemimpinan ketua yayasan pesantren dalam membangun kurikulum terpadu di pondok pesantren Darullughah Wadda’wah . sedangkan budaya pengelolaan serta membangun kurikulum terpadu pesantren menjadikan komponen yang sangat penting pada fungsi strategis, sebab dapat berkontribusi dalam membangun serta pengembangan pendidikan pesantren serta dapat memenuhi standar yang bermutu. Sedangkan yang digunakan dalam teknik pengumpulan data di penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara. Hasil penelitian ini dtemukan kurukulum yang berada di pesantren merupakan sebagai salah satu kurikulum yang dapat mengimplementasikan pendidikan dan pembelajaran keagamaan sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi anak didiknya misalnya : 1) Berbasis pesantren dari aspek akademik dan spiritual,, 2) ruang lingkup, Pesantren dirancang untuk menanamkan nilai budaya kepemimpinan dan tradisi Islam 3) komprehensif ( studi hadits , teologi Islam, Fiqh, dan IlmuTasawuf. 4) kerjasama kurikulum antara lain kurikulum diknas kemudian kurikulum kemenang, 5) membagi materi, memfasilitasi integrasi antar disiplin ilmu., 6) adanya kurikulum terpadu yang memungkinkan anak didik untuk dapat memahami konsep secara umum serta dapat melakukan pengetahuan dalam berbagai konteks. 6) menggabungkan Alokasi waktu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kurikulum terpadu untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran
Kata Kunci: budaya, kepemimpinan ketua yayasan pesantren, kurikulum terpadu
References
Adriansyah, Roni, H.Syahroni Ma’shum, and Hinggil Permana, ‘Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam’, Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9.1 (2022) <https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1105>
Ali, Agus, Nurwadjah Ahmad EQ , and Andewi Suhartini, ‘Manajemen Kurikulum Terpadudi Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor’, Jurnal Dirosah Islamiyah, 4.1 (2021) <https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.677>
Alqarny, Ficky Uwais, and Mujiburrohman, ‘Desain Kurikulum Terpadu Dengan Pendekatan ADLX (Active Deep Learner EXperience)’, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12.4 (2023)
Ashari, Riza, Chandra Sukrisna, Agus Budiman, Azmi Zarkasyi, and Muh Barid Nizarudin Wajdi, ‘The Integrative Curriculum Management with a Boarding System in High Schools’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14.1 (2022) <https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4398>
Azhari, Reni, ‘Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Kompetensi Bidang Keagamaan Dan Karakter Religius Peserta Didik Di Smas Al-Rifa’ie Gondanglegi Kabupaten Malang’, Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2022) <https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i2.1369>
Burhanuddin, B. Kepemimpinan Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, (2019). 11(1), 9-13.
Bisri, Mohammad, ‘Komponen-Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum’, Prosiding Nasional, 3 (2020)
Damanhuri, Ahmad, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin, ‘Inovasi Pengelolaan Pesantren Dalam Menghadapi Persaingan Di Era Globalisasi’, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2.1 (2013) <https://doi.org/10.32832/tadibuna.v2i1.547>
Edy, M M Sarwo, MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Inovasi Dan Solusi Masa Depan Dunia Pendidikan Islam, Books.Google.Com, 2023
Fuady, Ahmad Syauqi, ‘Pembaharuan Sistem Pendidikan Di Pesantren’, Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6.1 (2020) <https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3819>
Gordon, Stephen, ‘Supervision, Teaching, and Learning in Successful Schools: A Hall of Mirrors’, Journal of Educational Supervision, 6.3 (2023), 1–24 <https://doi.org/10.31045/jes.6.3.1>
Gouëdard, Pierre, Beatriz Pont, Susan Hyttinen, and Pinhsuan Huang, ‘Curriculum Reform: A Literature Review to Support Effective Implementation’, OECD Education Working Papers, 239, 2020
Hariyadi, A. Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Membangun Budaya Organisasi Pesantren. Equity in Education Journal,(2020). 2(2), 96-104
Hakim, Abdul, and N. Hani Herlina, ‘Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6.1 (2018) <https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157>
Ilhamuddin, Muhammad Farid, ‘Islamic Guidance for Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan Islamic Boarding School Students’, Al Musyrif: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 6.1 (2023) <https://doi.org/10.38073/almusyrif.v6i1.881>
Imawan, Dzulkifli Hadi, ‘Pesantren Mlangi: Poros Spiritual Intelektual Islam Di Yogyakarta Abad XVIII – XIX M’, Millah, 19.2 (2020) <https://doi.org/10.20885/millah.vol19.iss2.art3>
Jufri dan Marimin. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Tadbir Peradaban Volume 2, Nomor 2, Mei 2022
Jamhari, and Saifudin Asrori, ‘The Making Of Salafi-Based Islamic Schools In Indonesia’, Al-Jami’ah, 60.1 (2022) <https://doi.org/10.14421/AJIS.2022.601.227-264>
Jon C. Maxwill, Developing the Leaders Around You, (Printed in the United States of America, 1995),14
Kusnandi, Kusnandi, ‘Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren Pada Lembaga Pendidikan’, Jurnal Kependidikan, 5.2 (2017) <https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2138>
Mahdali, Fitriyah, Sita Acetylena, and Muhammad Husni, ‘Curriculum Development Design of Elementary-Based Islamic Boarding School’, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14.4 (2022) <https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2108>
Maulana, W, M Hidayah, M Halijah, M P I Abdul Rouf, and M P I Sudirman Anwar, Manajemen Kurikulum (PT. Indragiri Dot Com, 2023) <https://books.google.co.id/books?id=ewrHEAAAQBAJ>
Mahdjub dan Setiadi. Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Trustlog Total Solusindo. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11 No. 1 Juli 2022
Malini dan Handayani, 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Indotex Jaya Sentosa Prabumulih. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN) Vol.1, No.3 September 2022 e-ISSN: 2963-766X; p-ISSN: 2963-8712, Hal 204-211
Mardiani dan Sepdiana. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan : Vol. 1 (1), 2021, p: 1 – 10. ISSN: 2723-701X
Moh Hadi Santoso, ‘Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Menurut KH. Abdul Wahid Hasyim’, AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 3.3 (2015)
Mustofa, Mustofa, Loso Judijanto, Luluk Faridah, Emmy Hamidah, Antonius Rino Vanchapo, and Nur Kurniasari, ‘Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6.4 (2023)
Nugraha, Agus, A. Fikri Amiruddin Ihsani, Hengki Hendra Pradana, and Muh. Mirwan Hariri, ‘Curriculum Integration and Implementation in Madrasah Tsanawiyah Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo’, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7.2 (2022) <https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.938>
Oernika Mahanani, Arika, and Sulistyorini Sulistyorini, ‘MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU; Studi Tentang Penerapan Model Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Al-Rosyid Bojonegoro’, Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7.2 (2023) <https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1529>
Peter G.Northouse, Leadreship Theory and Practice, (America: SAGE, 2018), 43
Salmon, Yoseph, Didin Saefudin, Endin Mujahidin, and Adian Husaini, ‘Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Tingkat SMP Di Pondok Pesantren (Studi Lapangan Pada Pesantren Ibnu Salam Nurul Fikri Boarding School Serang Banten)’, Jurnal Global Ilmiah, 1.5 (2024) <https://doi.org/10.55324/jgi.v1i6.50>
Sholehuddin, Ahmad, and Khoiru Nidak, ‘Integrative Diniyah Curriculum In Formal Schools At Tebuireng Pesantren Jombang’, Didaktika Religia: Journal of Islamic Education, 11.2 (2023), 101–22
Siswahyudi, Nopian, Helmi Helmi, and Purnamawati Purnamawati, ‘Efektifitas Penerapan Pendidikan Berbasis Kompetensi Pada Sistem Pendidikan Dan Pelatihan Kejuruan (Vet)’, Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2.2 (2022) <https://doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1228>
Syaibani, Khamim, and M Afif Zamroni, ‘Implementasi Manajemen Kurikulum Terpadu Di Madrasah Tsanawiyah’, THE JOER: Journal Of Education Research, 1.1 (2021)