ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN OLAHAN SINGKONG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA PELAKU UMKM DIDESA SUMBER GENTONG JATIGUNTING WONOREJO PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.47077/ekosiana.v11i1.484Abstract
Strategi pemasaran merupakan suatu rencana terpadu yang menyeluruh dibidang pemasaran dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan persaingan bisnis adalah pertandingan, kompetisi atau kegiatan bersaing.Dalam era globalisasi, dimana tingkat persaingan bisnis yang sangat tajam, maka setiap perusahaan harus memperhatikan salah satu aspek yang sangat vital dalam manajemen perusahaan yaitu bidang pemasaran. Rumusan masalah pada penulisan ini yang pertama adalah Bagaimana sistem penjualan olahan singkong masyarakat dusun Sumber Gentong Wonorejo Pasuruan? Yang kedua Bagaimana strategi pemasaran syariah olahan singkong dalam menghadapi persaingan didesa Sumber Gentong? Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalasis strategi pemasaran syariah olahan singkong masayarakat dusun sumber gentong, wonorejo pasuruan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yaitu berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pihak-pihak terkait. Metode yang digunakan adalah metode analsis deksriptif. Penelitian ini meghasilkan strategi pemasaran UMKM olahan singkong dalam menghadapi persaingan masih sangat sederhana. Dan untuk pemberlakuan konsep strategi pemasaran masih memakai price dan product, sedangkan untuk place dan promotion masih jarang digunakan.
Kata Kunci : Strategi pemasaran syariah, pasar, persaingan
DAFTAR PUSTAKA
Algrina Agnes Ulus, “Bauran Pemasran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemeblian Mobil Daihatsu pada PT. Astra Internasional Manado”, ( Manado: Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisinis dan Akuntansi, 2013), 4
Arlina Nurbaity Lubis, “Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis”, (Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara, 2004), 1
Citra Pratama,(Peran Zakat dalam Penenggulangan Kemiskinan), Tauhidinomics: Jurnal of Islamic Banking and Economics, 2015, 93-104.
Fazli Rahman, dkk, (Pelaksanaan Kurikulum PPKN Pada Kondisi Khusus Pandemic Covid-19), Jurnal Basicedu, 2021,5682-5691
Indri Yovita Toti indrawati, “Analisis Sumber Modal Pedagang Pasar Tradisional Dikota Pekanbaru,” jurnal ekonomi (2014): 1–8.
Mudjia Raharjo, (Metode Pengupulan DataPenelitian Kalitatif).
- Eko Prasetyo, Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, ( Akademika, 2008), p1-13
Purnama Putra, Wiwik Hasbiyah, Teori dan Praktik Pemasaran Syariah, (Depok: Rajawali Press, 2018).
Ustadus Sholihin,”Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Usaha pada Perusahaan Kain dan Tenun ikat cap Sinar Barokah Kediri”, (Kediri: Jurnal Cendikia, 2014), 5.
References
———. “Effect of Motivation and Work Experience on Employee Performance at PT. Perkasa Sakti in Cimone.” Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen 7, no. 2 (2019): 139–148. http://dx.doi.org/10.56457/jimk.v7i2.153.
Agustina, Ika, Farhat Abas, Elvira Sitna Hajar, and Aep Saefullah. “Penerapan Managemen Strategik; Sebuah Literatur Review.” Jurnal Lentera Bisnis 12, no. 3 (2023): 898–909.
Algrina Agnes Ulus, “Bauran Pemasran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemeblian Mobil Daihatsu pada PT. Astra Internasional Manado”, ( Manado: Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisinis dan Akuntansi, 2013), 4
Amalia, Fisy, and Eko Cahyo Mayndarto. “The Role of Womenâ€TM s Farmer Groups as An Alternative Solution to Food Insecurity during The Covid-19 Pandemic.” Hasanuddin Economics and Business Review 6, no. 2 (2022): 72–78.
AMALIA, FISY, E K O CAHYO MAYNDARTO, FARHAAN PRIYADI, JIDAN DWILAKSANA, and KHOIRUL ANAM. “LEADERSHIP’S FUNCTION IN ENCOURAGING WOMEN’S FARMING GROUPS TO REDUCE FOOD INSECURITY AND ITS RELATION TO ISLAMIC AGRICULTURE.” Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam 6, no. 2 (2021): 110–122.
Amalia, Fisy, Eko Cahyo Mayndarto, Farhaan Priyadi, Jidan Dwilaksana, and Khoirul Anam. “The Role of Women’s Farmer Groups as an Alternative Solution to Food Insecurity during the Covid-19 Pandemic.” Enrichment: Journal of Management 13, no. 1 (2023): 578–585.
Arda, Devid Putra, Tri Yulaeli, Aep Saefullah, and Ahmad Fadli. “Mengungkap Peran Akuntan Publik Di Perguruan Tinggi Swasta: Studi Fenomenologi.” Jurnal Ilmiah Manajemen Ubahara 5, no. 1 (2023): 1–13.
Arlina Nurbaity Lubis, “Strategi Pemasaran dalam Persaingan Bisnis”, (Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara, 2004), 1
Citra Pratama,(Peran Zakat dalam Penenggulangan Kemiskinan), Tauhidinomics: Jurnal of Islamic Banking and Economics, 2015, 93-104.
Ermawati, Emmy, Mohammad Atoillah, Yessy Anggraeni, and Istichomah Istichomah. “Identifikasi Desain Jaringan Manajemen Rantai Pasok Gula Merah Di Kota Lumajang.” In Progress Conference, 5:48–54, 2022.
Fazli Rahman, dkk, (Pelaksanaan Kurikulum PPKN Pada Kondisi Khusus Pandemic Covid-19), Jurnal Basicedu, 2021,5682-5691
Hakim, Ikhwanul, Rendra Wirawan, and Novy Fitria. “Menilai Dan Mengukur Tingkat Retensi Melalui Kepuasan” (2022).
Hakim, Ikhwanul, Suwignnyo Widagdo, and Yuniorita Indah Handayani. “Assess and Measure Retentions Rates Through Satisfaction.” Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi 11, no. 2 (2021): 155–169.
Indri Yovita Toti indrawati, “Analisis Sumber Modal Pedagang Pasar Tradisional Dikota Pekanbaru,” jurnal ekonomi (2014): 1–8.
Istichomah, Istichomah, Nawangsih Nawangsih, Nur Latifa Isnaini Putri, and Anisatul Fauziah. “Analisis Bansos Wujud Kepedulian Pemerintah Di Era Pandemi Covid19.” In Progress Conference, 5:55–60, 2022.
Kusnadi, I H, A Saefullah, D A Rahayu, W Khristianto, H Tannady, and P C Susanto. “Magdalena., Suyoto, YT (2022). Peran Motivasi Ekstrinsik Dan Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM Di Belitung Timur.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 2 (n.d.): 5025–5027.
Mudjia Raharjo, (Metode Pengupulan DataPenelitian Kalitatif).
P. Eko Prasetyo, Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, ( Akademika, 2008), p1-13
Pangastuti, Ria Lestari, and Ikhwanul Hakim. “Pemanfaatan Kardus Dan Sterofoam Bekas Untuk Pembuatan Buket Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Bandar Kota Kediri.” In Progress Conference, 5:435–446, 2022.
PARAMITA, Ratna Wijayanti Daniar, Noviansyah RIZAL, Riza Bahtiar SULISTYAN, Danang Wikan CARITO, Ikhwanul HAKIM, and Fadhel Akhmad HIZHAM. “Innovation In Banyuwangi Papring Batik In Efforts To Boost The Community’s Economy.” International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science 3, no. 3 (2022). http://dx.doi.org/10.38142/ijesss.v3i3.422.
Purnama Putra, Wiwik Hasbiyah, Teori dan Praktik Pemasaran Syariah, (Depok: Rajawali Press, 2018).
Putrizain, Salwa Syuja, Aep Saefullah, Elvita Muriany, Annisa Agustina, Muhamad Muksin, Mansur Mansur, and Cinta Rahmi. “Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Banten.” Amal: Jurnal Ekonomi Syariah 5, no. 01 (2023).
Ramdhan, Muhammad, and G Jakarta. “The Effect of Motivation and Discipline on Employee Performance at PT. Keb Hana Bank Serpong Branch Office.” Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran 8, no. 1 (2021): 263–274.
Ramdhan, Muhammad. “Effect of Compensation and Service on Employee Performance at PT. Infomedia Nusantara in Jakarta.” Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen 8, no. 2 (2020): 170–180. http://dx.doi.org/10.56457/jimk.v8i2.154.
Saefullah, A, and M Ruvi. “Penguatan Legalitas Usaha Pelaku UMKM Melalui Pembuatan NIB Di Lokasi Wisata Ciung Wanara Ciamis. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1 (3), 105–111,” 2022.
Saefullah, Aep, Ahmad Fadli, Ika Agustina, and Farhat Abas. “Implementasi Prinsip Pareto Dan Penentuan Biaya Usaha Seblak Naha Rindu.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 20, no. 1 (2023): 1–13.
Saefullah, Aep, Fahri Fahri, and Syarif Hidayatullah. “Empowering Ciung Wanara Tourism Site Food Stall Owners with Digital Marketing Expertise and Business Licencing.” SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi) 4, no. 2 (2023): 163–175.
Saefullah, Aep, Fahri Fahri, Devid Putra Arda, Ahmad Fadli, Joned C Saksana, and Moeljono Moeljono. “Sosialisasi Dan Penyusunan Raperda Pendidikan Dasar Di Kabupaten Pesisir Selatan.” Abdimas Dewantara 6, no. 1 (2023): 63–72.
Saefullah, Aep, Hendra Candra, Ika Agustina, Arief Syahreza, Umar Syahid Fatahillah, and Ibah Misbah. “Sosialisasi Penggunaan Tool Mendeley Kepada Mahasiswa STIE Ganesha.” I-Com: Indonesian Community Journal 3, no. 1 (2023): 268–277.
Saefullah, Aep, Zubair Arza, Devid Putra, Ahmad Fadli, and Neila Aisha. “Evaluasi Pelaksanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) STIE Ganesha Tahun 2022.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 8, no. 2 (2023): 329–344.
Saefullah, Aep. “Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan 2, no. 2 (2022): 1–20.
Taufiq, Muchamad, Fatkhul Muin, Nadiyah Asmaranti Anita, and Ikhwanul Hakim. “Aspects of Business Law, MSME Development and Travel Cost on Nature Tourism in Sidomulyo Village” (2023).
Ustadus Sholihin,”Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Usaha pada Perusahaan Kain dan Tenun ikat cap Sinar Barokah Kediri”, (Kediri: Jurnal Cendikia, 2014), 5.



