PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS

Authors

  • Fathul Fauzi STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i2.47

Keywords:

Implementasi;, Profesionalisme Guru, Supervisi Klinis

Abstract

Topik penelitian ini adalah tentang peningkatan profesionalisme guru melalui supervisi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme guru, menganalisis supervisi klinis, dan menganalisis pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru melalui supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (Library Research) kemudian menganalisis sumber-sumber yang dikumpulkan dan disimpulkan. Hasil penelitian membahas tentang profesionalisme guru yaitu kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas keahlian dan kewenangan di bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian, supervisi klinis merupakan model pendekatan. Bekerja sama dengan guru untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam pengajaran yang lebih kolegial, kolaboratif dan memiliki keterampilan pelayanan dan perilaku etis dalam membantu guru, serta pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru melalui supervisi pendidikan melalui tahapan yaitu persiapan, pertemuan awal, proses supervisi dan pertemuan umpan balik. Manfaat dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran, kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru semakin baik sehingga diharapkan akan mempengaruhi kualitas hasil belajar yang dicapai siswa dan terjalinnya hubungan kolegial antara pengawas sekolah dan guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran dan tugas profesional.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Fathul Fauzi. (2020). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109–128. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i2.47