PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i2.47Keywords:
Implementasi;, Profesionalisme Guru, Supervisi KlinisAbstract
Topik penelitian ini adalah tentang peningkatan profesionalisme guru melalui supervisi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme guru, menganalisis supervisi klinis, dan menganalisis pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru melalui supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (Library Research) kemudian menganalisis sumber-sumber yang dikumpulkan dan disimpulkan. Hasil penelitian membahas tentang profesionalisme guru yaitu kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas keahlian dan kewenangan di bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian, supervisi klinis merupakan model pendekatan. Bekerja sama dengan guru untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam pengajaran yang lebih kolegial, kolaboratif dan memiliki keterampilan pelayanan dan perilaku etis dalam membantu guru, serta pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru melalui supervisi pendidikan melalui tahapan yaitu persiapan, pertemuan awal, proses supervisi dan pertemuan umpan balik. Manfaat dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran, kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru semakin baik sehingga diharapkan akan mempengaruhi kualitas hasil belajar yang dicapai siswa dan terjalinnya hubungan kolegial antara pengawas sekolah dan guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran dan tugas profesional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prodi MPI STAI An Najah Indonesia Mandiri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




