Strategi Kepala Sekolah Dalam Proses Rekrutmen Guru Di Mi Nahdatul Ulama’ Sumput Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i1.498Abstract
Fokus penelitian ini adalah tentang strategi kepala sekolah dalam proses rekrutmen guru di MI Nahdlatul Ulama Sumput Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam proses rekrutmen guru di MI Nahdlatul Ulama Sumput Sidoarjo dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam proses rekrutmen guru di MI Nahdlatul Ulama Sumput Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah membentuk tim pengembangan yang bertanggungjawab terhadap proses rekrutmen guru baru, mulai dari persiapan, penyebaran pengumuman penerimaan guru baru, penerimaan lamaran guru baru, dan selessi pelamar. Faktor pendukung dalam proses rekrutmen guru fasilitas, kerja sama, sumber daya manusia, dan forum komuniasi alumni. Sedangkan. faktor penghambatnya adalah kurangnya koordinasi dan tanggung jawab.
Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Rekrutmen
References
———. “Penggunaan Model ICARE Dengan Media Make and Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran PAI.” Jurnal Pusaka 13, no. 01 (2023): 96–108.
Hasyim, Muhammad. “Komparasi Konsep Kafaah Dalam Perspektif Imam Maliki Dan Imam Syafii.” Jurnal Pusaka 12, no. 2 (2022): 35–48.
Husni, Muhamad, Muhammad Hasyim, and Fatkhul Wahab. “Fenomena Publikasi Karya Tulis Ulama Nusantara Indonesia (Studi Multiperspektif Karya Tulis Di Indonesia).” Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 2, no. 1 (2019): 216–238.
Jadidah, Amatul, and Muhammad Hasyim. “IMPLEMENTASI E LEARNING PADA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN EQ PESERTA DIDIK.” Jurnal Studi Pesantren 2, no. 2 (2022): 59–76.
Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Kurniadin, & Imam Machali, Manajemen Pendidikan, Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta : AR RUZZ MEDIA, 2012.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2011.
Mondy, R. Wayne. Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi 10 jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2008.
Panduan Diklat. Manajemen Pemberdayaan Sumber Daya Pendidik dan Kependidikan Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirgen Peningkatan Mutu pendidik dan Kependidikan Depdiknas, 2008.
Riani, Asri Laksmi. Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2009. Supiana, Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan di Madrasah Aliah Negeri Insan Cendekia Tangerang, Madrasah Aliyah Negeri I Bandung dan Madrasah Aliyah Negeri Darussalam Ciamis. Badan Litbang Dan Diklat Depag RI, 2008.
Sofyandi, Herman, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013. Tsuwaibah, Siti, Studi tentang Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Guru. Semarang:
Ulfatin, Nurul &Teguh Triwiyanto. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan.
Wahid, Annisa, and Muhammad Hasyim. “MEMBANGUN KECAKAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” ILJ: Islamic Learning Journal 1, no. 4 (2023): 1068–1086.
Wukir. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo, 2013. ), 59
YPI Al Khoiriyyah, 2010.
Zainuddin, Zainuddin, and Muhammad Hasyim. “Implementation of the Learning Method of Playing, Story, Singing (BCM) in Learning Islamic Religious Education.” EDUCATIO: Journal of Education 7, no. 2 (2022): 72–78.