Aplikasi Pembelajaran “Virtual Learning” Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP YPM 4 Bohar Taman Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i2.226Abstract
Penelitian Aplikasi Pembelajaran Virtual Learning merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan Teknologi Informasi pada semua bidang study di SMP 4 Bohar SidoarjoAplikasi pembelajaran Virtual Learning ini, merupakan langkah yang cukup progresip untuk mempersiapkan para siswa mampu bersaing, berperan aktif, efektif dan cerdas dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar aplikasi Virtual Learning dapat diterapkan dengan tingkat pencapaian yang tinggi dalam kompetensi bidang studi, maka diperlukan adanya keseimbangan dari berbagai komponen seperti: kurikulum, tenaga kependidikan khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, kesiapan siswa, kesiapan orang tua, fasilitas mendukung pembelajaran, lingkungan sekolah yang mendukung dan dukungan komite sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji Aplikasi pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang study Pendidikan Agama Islam di SMP 4 Bohar Sidoarjo, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMP 4 Bohar Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP 4 Bohar Sidoarjo, dan adakah pengaruh pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP 4 Bohar Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosesntase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMP 4 Bohar Sidoarjo dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56%-100%. Dan peningkatan prestasi siswa di SMP 4 Bohar Sidoarjo setelah diterapkan pembelajaran Virtual Learning mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) yang cukup, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada per item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 56%-75% dengan kreteria tergolong cukup.
Kata kunci: Virtual Learning – PAI.
References
Ahmadi, Abu & Widodo Supriyanto. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka cipta. 1991
Ahyadi, Abdul Aziz,. Psikologi Agama. Bandung : Sinar Baru. 1991
Anas, Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2000
Arifin, Zainal. Evaluasi Instruksional. Bandung. Remaja Rosdakarya. 1991
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. 2002
-----------------------, Dasar dan Teknik Penelitian. Jakarta: Bina Aksara. 1983
----------------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002
Bahri, Syaiful dan Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta. 1997
Black, James A. dan Dean J. Champion. Metode dan Masalah Penelitian Sosial, terj.E.Koeswara, dkk. Bandung : Refika Aditama. 1999
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Airlangga University Press. 2001.
Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. 1994
Hajar, Ibnu, Dasar-dasar Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2002
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi Offset. 1987)
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. 1996Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. 1992
Nasution, S., Teknologi Pendidikan. Bandung : Jemmars. 1982
---------------, Berbagai Pendekatan Dalam Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 1992
Nasution, Zalkarimein, Teknologi Komunikasi Dalam Perspektif. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI. 1989
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2000
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusat




