Dualisme Pendidikan Manajemen Pendidikan Sekolah Dan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i2.227Keywords:
Dualisme Pendidikan, Manajemen Sekolah dan MadrasahAbstract
Pengelolaan Pendidikan Agama di Indonesia hingga kini telah menunjukkan eksistensi betapa dualisme sistem pendidikan di Indonesia sangat mengakar atau membumi. Seakan akan hal tersebut sulit untuk adanya pengintegrasian pengelolaan lembaga pendidikan. Dibuktikan dengan adanya dua Kementerian yang andil dalam mengelola lembaga pendidikan dan tenaga kependidikannya, yakni Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tumpang tindih kebijakan di antara dua Kementerian tersebut terkait pengelolaan lembaga pendidikan di bawah naungannya menjadi menarik untuk dipahami dan dikaji secara mendalam demi mencari benang merah atau titik temu dari problem dualisme pendidikan di Indonesia. oleh karenanya fokus kajian pada artikel ini terletak pada bagaimana kebijakan-kebijakan pendidikan terkait Pendidikan Islam di sekolah dan madrasah yang pernah dikeluarkan oleh kedua Kementerian tersebut, baik pada sisi pengelolaan, wewenang dan problematikanya. Sehingga ditemukan pemahaman yang holistik khususnya tentang studi kebijakan pendidikan Islam di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Dengan harapan akan ditemukan sebuah formulasi untuk mengikis dualisme diantara satu sama lain.
Kata Kunci: Dualisme Pendidikan, Manajemen Sekolah dan Madrasah
References
Abdul Basyit. Dikotomi Dan Dualisme Pendidikan Di Indonesia Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 4 (1) pp 15-28 © 2019
ACDP, Madrasah Education Financing in Indonesia.
Ahmadi, Pendidikan Madrasah: Dimensi Profesional dan Kekinian (Yogyakarta: LaksBang Pressindo, 2010).
Akh.Muzakki, Islamic Televangelism in Changing Indonesia: Transmission, Authority, and the Politics of Ideas, 2012 .
Akhmad Said, “Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi”, Jurnal Ta’limunan volume 2, No, 2, September 2013.
Asrori, Islamic Education Development Strategy in Facing the Global Challenges, International Journal of Science and Reseach (IJSR), Vol. 4 Issue 11 (November 2015)
Assegaf, “Politik Pendidikan Nasional: Pergeseran Kebijakan..,”
Assegaf, “Politik Pendidikan Nasional: Pergeseran Kebijakan..”.
Assegaf, “Politik Pendidikan Nasional: Pergeseran Kebijakan”.
Assegaf, “Politik Pendidikan Nasional: Pergeseran Kebijakan”.
Azyumardi Azra. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas, 2002.
Daulay, “Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam..”
Direktorat Jendral Pendidikan Islam, “Rencana Strategis Direktorat Jendral Pendidikan Islam Tahun 2015-2019”, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2015.
Haidar Putra Daulay, “Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Haidar Putra Daulay, “Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Hasbullah, “Otonomi Pendidikan: Kebjakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan” ,Jakarta: PT Raja Grafindo.
Husni Rahim, “Madrasah dalam Politk Pendidikan di Indonesia”, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005.
Isma’il Raji al-Faruqi, Islamization of Knowledge : General Principles and Workplan (Hemdon: HIT,1982).
Marwan Saridjo, “Bunga Rampa Pendidikan Agama Islam”, Jakarta: Amissco, 1996.
Muhammad Fahmi, “Konsep Pendidikan Isma’il Raji Al-Faruqi: Relevansinya bagi Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia”, Yogyakarta: Fakultas Filsafat UGM, 2006.
Muhammad Munadi dan Barnadi, Kebijakan Publik di Bidang Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011).
Muslih Usa, “Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta”, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
Nurhayati Djamas, “Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan”, Jakarta: Raja Gradindo Persada, 2009.
Philip H. Coombs, What is Educational Planning (Belgia: UNESCO, 1970), 20-24.
Ramayulis, “Ilmu Pendidikan Islam”, Cet. VIII; Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Richmond Lattimore, trans., The Iliad of Homer (Chicago: University of Chicago Press, 1951).
Soebahar, “Kebijakan Pendidikan Islam”, .
Soebahar, “Kebijakan pendidikan Islam”.
Syed Muhammadal-Naquib Al-Attas, “Konsep Pendidikan dalam Islam Suatu Kerangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam”, Bandung: Mizan, 1994.




