Peran Pondok Pesantren Hidar Dalam Pembinaan Tahfidz Quran Di Sidoarjo

Authors

  • Muhamad Ripin Ikwandi STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.594

Keywords:

Pondok Pesantren, Pembinaan, Tahfidz Qur’an.

Abstract

Penelitian ini memuat tentang peran pondok pesantren Hidar dalam pembinaan tahfidz qur’an di sidoarjo.Tujuan dari penelitia ini yaitu untuk menganalisis bagaimana peran pondok pesantren Hidar dalam pembinaan tahfidz Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian Pondok Pesantren Hidar memiliki peran penting dalam pembinaan tahfidz Al-Qur’an di Sidoarjo. Salah satu keunggulan program pesantren ini adalah adanya program tahfidz Al-Qur’an yang menjadi fokus utama pembinaan santri. Dalam hal ini program unggulan tahfidz di pondok pesantren Hidar Sidoarjo ini untuk menciptakan generasi yang cinta Al-Qur’an. Kedua, upaya pembinaan program tahfidz Qur,an melalui pembinaan dan berbagai kegiatan-kegiatan yang mendukung program tahfidz tersebut.Ketiga, faktor penghambat yang ada di program tahfidz Qur’an ialah santri yang menghafalkan santri yang berbeasiwa dari Yayasan. Hal ini dapat dilakukan pengadaan pengawasan dalam program serta mengenai kendala yang dialami dapat diaatasi melalui strategi sumber dana yang diajukan ke Yayasan terbatas pada kebutuhan makan dan pesantren sedang kebutuhan uang saku dari santri sendiri.

References

Akbar, Ali, and Hidayatullah Hidayatullah. “Metode Thfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar.” Jurnal Ushuluddin 24, no. 1 (June 2016): 91. https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.1517.

Ahmad Salim Badwilan, Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an (Jogjakarta: Diva Press, 2009), 298.

Ahsin W, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an (Wonosobo: Balai Tahfidz, dan Kajian Ilmu Al-Qur’an, 1993).

Akbari, Hadi, Ali Sheikhani, Ali Motie NasrAbadi, Mohammad Reza Mohammadi, and Majid Ghoshuni. “Evaluating the Event-Related Potentials Relevant to Two Groups of the Quran Memorizers and Non-Memorizers during the Retrieval Phase of the Visual Memory.” Biomedical Signal Processing and Control 73 (March 2022): 103411. https://doi.org/10.1016/j.bspc.2021.103411.

Alhamuddin, Alhamuddin, Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani, Dikdik Tandika, and Rabiatul Adwiyah. “Developing Al-Qur’an Intruction Model Through 3A (Ajari Aku Al-Qur’an Or Please Teach Me Al-Qur’an) To Improve Students' Ability In Reading Al-Qur’an At Bandung Islamic University.” International Journal of Education 10, no. 2 (February 2018). https://doi.org/10.17509/ije.v10i2.8536.

Anwar, Khoirul, and Mufti Hafiyana. “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2, no. 2 (April 2018): 181–98. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71.

Boyle, Helen N. “Memorization and Learning in Islamic Schools.” Comparative Education Review 50, no. 3 (August 2006): 478–95. https://doi.org/10.1086/504819.

Dahliana, D, and M Kasduri. “Pengelolaan Model Pembinaan Tahfidz Qur’an Di Sma Muhammadiyah 18 Sunggal.” Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan … 1, no. 1 (2022): 18–33.

Dr., Faculty of Tarbiyah and Education, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia, eva.latipah@uin-suka.ac.id, and Eva Latipah. “Motives, Self-Regulation, and Spiritual Experiences of Hafizh (The Qur’an Memorizer) in Indonesia.” International Journal of Instruction 15, no. 1 (January 2022): 653–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15137a.

Dzulkarnain, Ahmad A.A., Amirah K. Azizi, and Nur H. Sulaiman. “Auditory Sensory Gating in Huffaz Using an Auditory Brainstem Response with a Psychological Task: A Preliminary Investigation.” Journal of Taibah University Medical Sciences 15, no. 6 (December 2020): 495–501. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2020.08.007.

Fatimah, Meti. “Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Muhammadiyah BOarding School Klaten.” Mamba’ul ’Ulum 16, no. 2 (October 2020): 1–16. https://doi.org/10.54090/mu.13.

Hanafi, Yusuf, Nurul Murtadho, Abd Rauf Hassan, M. Alifudin Ikhsan, and Tsania Nur Diyana. “Development and Validation of a Questionnaire for Teacher Effective Communication in Qur’an Learning.” British Journal of Religious Education 42, no. 4 (October 2020): 424–34. https://doi.org/10.1080/01416200.2019.1705761.

———. “Development and Validation of a Questionnaire for Teacher Effective Communication in Qur’an Learning.” British Journal of Religious Education 42, no. 4 (October 2020): 424–34. https://doi.org/10.1080/01416200.2019.1705761.

Kosanke, Robert M. “Visi, Misi Dan Strategi Misi.” Jurnal Universitas Udayana, 2019, 14–36.

Lexy J Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Rosdakarya. Manafe, Yeremia Djefri. 2010

Lexy Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009), hal.4.

M. Quraish Shihab, Mukjizat Al-Qur’an (Bandung: Mizan, 2007), 45.

Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta:Hidakarya Agung, 2005), hal. 105.

Mangunhardjana, Pembinaan, Arti dan Metodenya, (Yogyakarta:Kanimus, 1986), hlm. 17.

Marghalani, Shireen Abdul-Rahman A. “Islamic Education in Saudi Arabia.” In Handbook of Islamic Education, edited by Holger Daun and Reza Arjmand, 7:611–24. International Handbooks of Religion and Education. Cham: Springer International Publishing, 2018. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64683-1_28.

Muslimin, Achmad. “Implementation of Halaqah and Recitation Methods in Tahfidz Al-Quran in Integrated Islamic Elementary Schools.” Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (September 2015): 55–62. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.164.

Orba Manullang, Sardjana, Mardani Mardani, and Aslan Aslan. “The Effectiveness of Al-Quran Memorization Methods for Millennials Santri During Covid-19 in Indonesia.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (June 2021): 195–207. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1334.

Raghib As-sirjani, Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an (Solo: Aqwam, 2008), 15.

Saragih, Raudhah, Mesiono Mesiono, and Inom Nasution. “The Management of Tahfidz Al-Qur’an Learning at Homeschooling Public Learning Center.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 3 (November 2021): 537–47. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1704.

Sa’dullah, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani, 2008)

Suharsimi Arikunto, Evaluasi Program Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hal.2-3.

Wiwi Alawiyah Wahid, Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, (Jogjakarta: DIVA Press, 2014), hal.15.

Wawancara dengan guru tahfidz di pesantren Hidar 25 Mei 2025

Wawancara dengan pengasuh pesantren Hidar Sidoarjo 25 mei 2025

Wawancara dengan pengasuh pesantren Hidar pada tanggal 5 juni 2025

Zaki Zamani dan M. Syukron Maksum, Metode Cepat Menghafal Al-Qur’an, (Yogyakarta: AlBarokah, 2014), hal. 13.

Zakiyah Drajat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hal. 89.

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

Muhamad Ripin Ikwandi. (2025). Peran Pondok Pesantren Hidar Dalam Pembinaan Tahfidz Quran Di Sidoarjo. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 12(2), 172–182. https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.594