Pengaruh Fasilitas, Word Of Mouth Dan Benefit Terhadap Minat Menabung Pada Koperasi Syariah Di BMT NU Sidayu Gresik
DOI:
https://doi.org/10.47077/ekosiana.v12i2.605Abstract
Penelitian ini mengevaluasi seberapa besar pengaruh fasilitas, word of mouth, dan benefit terhadap minat menabung pada koperasi syariah di BMT NU Sidayu Gresik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan responden yaitu nasabah BMT NU Sidayu Gresik. Total populasi 227, dan 69 responden dijadikan sampel dengan metode purposive sampling. Untuk menganalisis datanya, digunakan beberapa uji seperti: uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedasitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, uji F. Dalam studi ini, fasilitas, word of mouth, dan benefit menjadi variabel independen, sedangkan minat menabung menjadi variabel dependen. Hasil studi ini memperlihatkan bahwasanya variabel fasilitas (X1) memiliki pengaruh positif signifikan secara parsial kepada minat menabung melalui uji T dengan nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05. Variabel word of mouth (X2) juga memberikan pengaruh positif signifikan secara parsial terhadap minat menabung melalui uji T dengan nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05. Sedangkan, variabel benefit (X3) menunjukkan pengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap minat menabung dengan uji T yang menunjukkan nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05, dan koefisien regresi sejumlah -0,150. Artinya, setiap kenaikan satuan pada benefit akan menurunkan minat menabung sebesar 0,150. Secara simultan, Variabel fasilitas, word of mouth memberikan pengaruh positif signifikan terhadap minat menabung. Sedangkan benefit berpengaruh negatif signifikan, sesuai dengan hasil analisis regresi linear berganda. Uji F memperlihatkan nilai Fhitung 10,826 > Ftabel 2,746. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,672 atau 67,2%. mengindikasikan bahwa variabel independen mampu menjelaskan minat menabung. dapat diuraikan oleh ketiga variabel independen tersebut. Sebaliknya, 32,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar studi ini.
Kata kunci: Fasilitas, Word of mouth, Benefit, dan Minat Menabung.
References
Abdul Rahman Shaleh, and Muhib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media, 2004.
Amrin Adilah, Rismawati, and Saljusanuddin. “Pengaruh Sistem Bagi Hasil Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Muamalat KCP PALOPO ,” 2021, 4.
Eka Putri Maulidiah, Survival, and Bambang Budiantono. “Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Economina vol 2, no. 2 (2023): 730.
Ismail. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2018.
Joesyiana Kiki. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru.” Jurnal Valuta vol 4, no. 1 (2018): 73.
Latifa Thalita, Fuad Zaki, and Amanatillah Dara. “Ekobis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Analisis Persepsi Konversi Koperasi Syariah (Studi Pada Stakeholder Dan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Beringin Pemerintah Kota Banda Aceh)” 5, no. 2 (2021).
Muhammad. Manajemen Dana Bank Syariah, 2004.
Mukhlis Zia Ulkausar. “Koperasi Dalam Perspektif Hukum Islam.” Jurnal Al-Kawakib vol 2, no. no 2 (2021): 95–96.
Putri Maulidiah, Eka, and Bambang Budiantono. “Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan” 2, No. 3 (2023).
Saputra Ahmad Edi. “Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menabung Dengan Minat Menabung Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Al-Mujaddid Humaniora Vol 8, no. 1 (2022): 12.
Sernovitz Andi. Definisi Word of Mouth, 2009.
Siti Maisharah Amanda, and M. Sabri Abd. Majid. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Dosen Universitas Syiah Kuala)” vol 1, no. 2 (2019).
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, 2022.
Wandisyah Muhammad, Hutagalung R., and Batubara Sarmiana. “Peran Koperasi Syariah Dalam Menigkatkan Perekonomian Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 3 (2021): 1495.
Al-Qur’an. Al-Maidah Ayat (5) 2
———. Surat Al-Isra’ Ayat (17) 27



