Integrasi Wakaf Dan Pendidikan: Lembaga Gerakan Wakaf Indonesia Dalam Mendukung Magang Di Era Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.47077/ekosiana.v11i2.513Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi antara wakaf dan pendidikan melalui peran lembaga Gerakan Wakaf Indonesia dalam mendukung program magang di era merdeka belajar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi pada lembaga terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga ini berkontribusi signifikan dalam menyediakan kesempatan magang yang relevan, sehingga memperkuat proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan bagi peserta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk pengembangan lebih lanjut program magang yang terintegrasi dengan konsep wakaf.
Kata kunci : wakaf, integrasi pendidikan, magang, merdeka belajar
References
Ahmadi, F., Kom, S., Kom, M., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran Daring Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Qahar Publisher.
Baried, A. B., Septarini, N., & Rahman, W. I. (2012). Analisis Pengaruh Kebijakan Campus Social Responsibility Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus Tiga Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya). In Prosiding Seminar Dan Konferensi Nasional Manajemen Bisnis (Pp. 142-149).
Diana, D., & Hakim, L. (2021). Strategi Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi, Industri Dan Pemerintah: Tinjauan Konseptual Dalam Upaya Meningkatkan Inovasi Pendidikan Dan Kreatifitas Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Knema), 1(1).
Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).
Hasibuan, A., Siregar, W. V., Sukarwoto, S., & Cahyadi, C. I. (2024). Sosialisasi Pengembangan Akademik Berbasis Kemitraan Industri Dan Riset Di Politeknik Penerbangan Medan. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 4(1), 17-21.
Irawati, I., Hudaya, C., & Hasri, D. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Dana Abadi Berbentuk Wakaf Tunai Di Perguruan Tinggi Swasta. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2855-2866.
Isolina, D. H. (2021). Efektivitas Pengelolaan Dan Pemanfaatan Uang Wakaf Di Bmt Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Lamongan).
Khoerudin, A. N. (2018). Tujuan Dan Fungsi Wakaf Menurut Para Ulama Dan Dan Undang-Undang Di Indonesia. Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 19(02), 1-10.
Khoerudin, A. N. (2018). Tujuan Dan Fungsi Wakaf Menurut Para Ulama Dan Dan Undang-Undang Di Indonesia. Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 19(02), 1-10.
Kurniawan, N. A., Saputra, R., Daulay, A. A., & Zubaidah, Z. (2020, August). Implementasi Prinsip-Prinsip Merdeka Belajar Bagi Calon Konselor. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang (Pp. 69-72).
Maharani, S. A., & Putra, P. (2018). Optimalisasi Wakaf Dalam Sektor Pendidikan. Maslahah (Jurnal Hukum Islam Dan Perbankan Syariah), 9(1), 103-112.
Muhammad, R., & Sari, A. P. (2021). Tantangan Optimalisasi Pengelolaan Dan Akuntabilitas Wakaf (Studi Kasus Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 4(1), 79-94.
Munawar, W., Amin, M., Kurnia, T., Alhifni, A., & Akbar, A. (2021). Strategi Peningkatan Intensi Mahasiswa Ekonomi Syariah Dalam Partisipasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 204-214.
Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-12.
Napitupulu, B. (2023). Plc Daring Sebagai Wadah Menumbuhkan Budaya Kolaborasi Di Institusi Pendidikan Dengan Kajian Literatur. Kairos: Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 3(2), 63-75.
Napitupulu, R. M., Lubis, R., & Nasution, H. (2021). Potensi Wakaf Uang Dan Model Pengembangannya: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1224-1233.
Nawi, Noor Hisham Md, And Marwan Ismail. "Falsafah Wakaf Pendidikan Tinggi; Satu Semakan Semula." Journal Of Techno-Social 10.2 (2018).
Nurul Azzahra, F. (2024). Efektivitas Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Non Formal Untirta (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Purba, P., & Bermuli, J. E. (2022). Konsep Merdeka Belajar Dalam Kurikulum Pendidikan Kristen Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Digital. Bonafide: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 79-99.
Purwaningsih, S., & Susilowati, D. (2020). Peran Wakaf Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Umat. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(2), 191-203.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30-38.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal Of Islamic Education, 1(1), 141-157.
Suranto, S., Sulistyanto, A., & Marimin, A. (2022). Program Magang Wirausaha Merdeka Meningkatkan Mental Berdaya Wirausaha Mahasiswa. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 530-535.
Syaipul Pahru, P., Abdul Latif, L., Abdullah Muzakkar, M., Baiq Shofa Ilhami, I., & Rohyana Fitriani, F. (2022). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Indonesia Dan Relevansinya Dengan Era Distrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 185-201.
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).