Pengaruh Label Halal Dan Tanggal Kedaluwarsa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Korea Pada Generasi Z (Studi Khasus Pada Mahasiswa Stai Al-Azhar Maenganti Gresik)

Authors

  • Aline Duta Capella STAI Al-Azhar Menganti Gresik

DOI:

https://doi.org/10.47077/ekosiana.v10i1.256

Abstract

Gaya hidup masyarakat Indonesia dinamis cenderung mengikuti Trend, faktanya popularitas budaya negara Korea Selatan saat ini digemari banyak orang terutama remaja Indonesia. Hal ini berpeluang besar bagi para pengusaha K-Food untuk mengembangkan produknya terutama mie instan. Penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh label halal dan tanggal kedaluwarsa, secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk mie instan Korea pada mahasiswa STAI Al-Azhar Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan haasil penelitian menemukan bahwa: hasil pengujian T parsial sebesar 6,029>1,978 pada label halal dan taggal kedaluwarsa sebesar 5,353>1,978 menunjukkan masing-masing variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie Instan Korea pada Generasi Z. Hasil pengujian determinasi sebesar 42% sisanya sebesar 58% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Label Halal, Kedaluwarsa, Keputusan, Generasi Z

References

karta: PT. Rineka Cipta, 2010.

Aspan, Henry, Iskandar Muda Sipayung, Ade Putri Muharrami, and Husni Muharram Ritonga. “The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City).” International Journal of Global Sustainability 1, no. 1 (October 19, 2017): 56.

BPOM. “Daftar Produk Mie Instan Korea.” 2022 https://cekbpom.pom.go.id/.

BPS. “Dataset - Jumlah Penduduk Menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, Dan Jenis Kelamin, Di Indonesia.” Accessed March 11, 2022. http://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/85.

Gunarsih, Cindy Magdalena, Johny A. F. Kalangi, and Lucky F. Tamengkel. “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.” Productivity 2, no. 1 (2021): 69–72.

Hendradewi, Savitri, Amalia Mustika, and Anis Darsiah. “Pengaruh Kesadaran Halal Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Mie Instan Korea Pada Remaja Sekolah Di Jakarta.” Jurnal Ilmiah Pariwisata 26, no. 2 (2021): 204–212.

Juniman, Puput Tripeni. “Gaya Hidup Masyarakat Menjadikan Bisnis Kuliner Menjanjikan.” gaya hidup. Accessed February 18, 2022. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170118121405-262-187137/gaya-hidup-masyarakat-menjadikan-bisnis-kuliner-menjanjikan.

Koeswandi, Tika, Agus Rahayu, and Lili Adi Wibowo. “Pengaruh Atmosfer Terhadap Costumer’s Impression dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis 8, no. 2 (September 20, 2017): 33.

Nurdin, Nasrullah. “Bisnis Wisata Halal.” Dialog 42, no. 1 (2020): 108.

PP RI. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan.” https://bpkn.go.id/uploads/document/92a1ef1e5cf8da6b658ef08567a605e56b6f845a.pdf

Priyono, Dr. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2016. https://www.researchgate.net/publication/340021548.

Sahir, Syafrida Hafni, and Eka Dewi Setia Tarigan. “Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan.” Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen 3, no. 1 (2016): 15.

Sucipta, Nyoman, Ketut Suriasih, and Pande Ketut Diah Kencana. Pengemasan Pangangan Kajian Pengemasan Yang Aman, Nyaman, Dan Efisien. 1 8. Bali: Udayana University Press, 2017.

Sukoso, Adam Wiyawan, Joni Kusnadi, and Sucipto. Ekosistem Industri Halal. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia, 2020.

Vicky F., Taroreh. “Kajian Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Pangan Kadaluarsa.” Jurnal Hukum Unsrat II, no. 2 (January 2014): 93–104.

“World Instant Noodles Association.” Demand Rangking. Last modified July 10, 2021. Accessed December 9, 2022. https://instantnoodles.org/en/noodles/demand/table/.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Aline Duta Capella. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Tanggal Kedaluwarsa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Korea Pada Generasi Z (Studi Khasus Pada Mahasiswa Stai Al-Azhar Maenganti Gresik). Ekosiana Jurnal Ekonomi Syari Ah, 10(1), 13–21. https://doi.org/10.47077/ekosiana.v10i1.256