Peran Strategi Word Of Mouth Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus UD Santoso Wedding Decoration And Event Production Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Kota Kota Kediri)

Authors

  • Hidayatul Fa’jriyah IAIN Kediri
  • Muhamad Wildan Fawa’id

DOI:

https://doi.org/10.47077/ekosiana.v9i2.219

Abstract

Saat ini, strategi word of mouth menjadi bagian penting dalam studi pemasaran mengingat bahwa komunikasi dalam word of mouth mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Konsumen lebih mempercayai word of mouth dalam menilai suatu produk atau jasa dibandingkan dengan iklan-iklan yang beredar di masyarakat. UD Santoso Wedding Decoration and Event Production adalah salah satu vendor pernikahan yang menggunakan word of mouth dalam memasarkan jasa yang ia tawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan strategi word of mouth yang diterapkan oleh UD Santoso serta menjelaskan peran strategi word of mouth UD Santoso dalam meningkatkan penjualan pada perspektif marketing syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi word of mouth yang diterapkan oleh UD Santoso adalah Organic Word Of Mouth. Selain itu, strategi ini juga mampu meningkatkan penjualan dan telah sesuai dengan kaidah marketing syariah yang ada.

 

Kata Kunci: Strategi Word Of Mouth, Marketing Syariah

 

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta

Fitria Halim, dkk. 2021. Manajemen Pemasaran  Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo

Herdiansyah, Heris. 2012. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Himawati, Fenti. 2017. Metode Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada

  1. Muslim, Kitab Al-Buyu, Bab: Buthlaan Bai Al-Hashah wal Bai Alladzi Fihi Gharar, 1513

Kertajaya, Hermawan dan Muhammad Sula. 2006. Syariah Marketing. Jakarta: PT Pustaka Mizan

Kotler, Philip dan Kevin Lanne Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry. 2016. Pemasaran Jasa Jilid 1; Manusia, Teknologi, Strategi (Perspektif Indonesia). Jakarta: Erlangga

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia Jilid I Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga

Satori, Djam’an. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta

Sernovitz, Andy. 2009. Word Of Mouth Marketing. New York: Kaplan Inc. Ebook

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sumardy , Marlin dan Melone. 2011. Rest InPeace Advertising Killed By The Power Of Word Of Mouth Marketing. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Swari, Dewa Ayu Ketut Bintang Arbina dan Gede Sri Darma. 2019. Kepercayaan Lintas Generasi dalam Penggunaan Sosial Media dan Electronic Wrod Of Mouth. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 16. No.4

Yusuf, A. Muri. 2017. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri

Zuraidah. 2011. Statistika Deskriptif. Kediri : STAIN Kediri Press

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Hidayatul Fa’jriyah, & Muhamad Wildan Fawa’id. (2022). Peran Strategi Word Of Mouth Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus UD Santoso Wedding Decoration And Event Production Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Kota Kota Kediri). Ekosiana Jurnal Ekonomi Syari Ah, 9(2), 90–103. https://doi.org/10.47077/ekosiana.v9i2.219