PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT INVESTASI REKSADANA SYARIAH

Authors

  • Fadlatul Wasilah STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Norma Rosyidah STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO

DOI:

https://doi.org/10.47077/ekosiana.v8i2.188

Abstract

Pilihan investor dalam menempatkan dananya di produk Reksadana meningkat 3.65% dari tahun 2019 ke tahun 2020 dengan total NAB Rp 55.772,87 miliar. Namun ada beberapa hambatan yang mempengaruhi perkembangan investasi di produk Reksadana Syariah. Dalam penelitian ini mencoba untuk menguji pengaruh marketing mix terhadap minat investasi pada produk reksadana Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan uji analisis regresi. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan responden berasal dari nasabah sekuritas Indopremier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil uji determinan menunjukkan bahwa 80,6 % variasi variabel minat investasi reksadana syariah (Y) dapat dijelaskan oleh variabel marketing mix (X). Sisanya 19,4 % merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Marketing Mix, Minat Investasi,, Reksadana Syariah

 

DAFTAR PUSTAKA

Adrian, Muhammad, dan Lucky Rachmawati. 2019. Pengaruh Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Nilai Aktiva Bersih Reksadana Syariah” volume 2 (2019): 9.

Al Anshar, Nur Anwar. 2018. Pengaruh marketing mix terhadap[ minat pembelian dan keputusan pembelian reksadana syariah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42226

Direktorat Pasar Modal Syariah. 2021. Statistik Reksadana Syariah. Otoritas Jasa Keuangan.

Fishbein, Ajzen. 2006. Belief, attitude, intention and behavior. Massauchets: Addison-Wesley, t.t. Ghozali, Imam. Aplikasi Analisi Multivariete dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro,

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, dan Zulia Almaida Siregar. Pengaruh Saham Syariah, Sukuk dan Reksadana Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (Tahun 2012 - Tahun 2017). Tansiq 2 (Juni 2019).

Juliandi, Azwar, dan Irfan Saprinal Manurung. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.

Kandarisa, Nuraini. 2013. Perkembangan dan Hambatan Reksadana Syariah di Indonesia.

Universitas Negeri Surabaya.

Laporan Statistik. Bursa Efek Indonesia, t.t. idx.co.id.

Miha, Chairum, dan Nisful Laila. 2017. Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah di Indonesia.  Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan

Santoso, Erdinda, dan Rachma Indra Dini. 2020 “Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Masyarakat Membeli sukuk.” Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V Wiratna. SPSS untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015. Sulaiman, Wahid. Analisis-Analisis Regresi menggunakan SPSS. Yogyakarta: ANDI, 2004. Supranto, J. Ekonometri. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

 

 

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Fadlatul Wasilah, & Rosyidah, N. (2021). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT INVESTASI REKSADANA SYARIAH. Ekosiana Jurnal Ekonomi Syari Ah, 8(2), 79–97. https://doi.org/10.47077/ekosiana.v8i2.188