Pengaruh Teori Belajar Humanistik Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SDN 32 Rejang Lebong
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.616Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pendekatan teori belajar humanistik berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya motivasi belajar yang disebabkan oleh kurangnya perhatian, rendahnya antusiasme, serta minimnya partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Jika dibiarkan, hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan bahkan menghambat terbentuknya sikap religius yang menjadi tujuan utama pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam kategori Pre-Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri atas 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan teori belajar humanistik dan motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan nilai dengan nilai sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05. Temuan ini dapat disimpulkan adanya pengaruh pendekatan teori belajar humanistik terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di Kelas V SDN 32 Rejang Lebong.
Kata Kunci: Teori Belajar Humanistik, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI
References
A. Nasirudin & Iqbal Maulana Putra. “Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran PAI.” Journal of Education and Management Studies (JoEMS) 7, no. 3 (2024).
Bella, Silvia Salsa. “Kajian Teori Belajar Humanisme.” Maliki Interdisciplinary Journal 3, no. 6 (2025): 739.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Mandar Maju, 2021.
Jeremi Moy, dkk. “Teori Belajar Humanistik.” JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner 3, no. 4 (2025).
Kalsum, Nur; dkk. “The Influence of Humanistic Learning Theory on Students’ Learning Motivation in Elementary School,” 2025. https://www.researchgate.net/.
Maslow, Abraham H. Motivation and Personality. New York: Harper & Row, 1987.
Mohammad Kholilullah & M. Yunus Abu Bakar. “Teori Belajar Humanistik Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di MTs Miftahul Qulub.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (JIPP) 10, no. 3 (2025).
Putu Abda Ursula. “Application of Humanistic Learning Theory in Increasing Student Learning Motivation,” n.d. https://www.researchgate.net/.
Rahman, Taufik. “Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 9, no. 1 (2023).
Rogers, Carl R. Freedom to Learn. Merrill, 1983.
Sardiman, A.M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. jakarta: Raja Grafindo Persada, 2022.
Sari, Nurul. “Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). 7, no. 2 (2023).
SpringerLink. “Humanistic Approach in Religious Education: Implications for Students’ Empathy and Social Awareness.” Journal of Values Education, n.d. https://link.springer.com/.
TA’DIBAN Journal. “Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi IPAS Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri.” TA’DIBAN: Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2024). https://ojs.instituthidayatullahbatam.ac.id.
Ursula, P. A. “Humanistic Learning Approach and Student Motivation in Religious Education,” n.d. https://www.researchgate.net/.
Wa Ode Annisa Maharani & Yuliana Intan Lestari. “Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 3 (2024).




