Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i1.615Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 4 Rejang Lebong. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, namun penelitian dibatasi hanya pada tahap analisis kebutuhan. Subjek penelitian meliputi 3 orang guru PAI serta 32 peserta didik kelas VII. Pengumpulan data dilakukan melalui angket analisis kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan guru terhadap media pembelajaran berbasis Canva mencapai 90,39%, sedangkan kebutuhan peserta didik sebesar 87,8%. Kedua persentase tersebut tergolong kategori sangat membutuhkan. Temuan ini mengindikasikan bahwa guru dan peserta didik memerlukan media pembelajaran berbentuk video yang interaktif, komunikatif, dan sesuai dengan perkembangan pembelajaran digital saat ini. Oleh karena itu, pengembangan media video berbasis Canva menjadi penting sebagai inovasi untuk meningkatkan minat belajar dan efektivitas pembelajaran PAI.
Kata Kunci: Pembelajaran, Model ADDIE, Pendidikan Agama Islam.
References
Afrilia, Lizra, and dkk. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (2022): 710–21. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559.
Asnawati, Yuyun, and Sutiah Sutiah. “Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Journal of Islamic Education 9, no. 1 (2023): 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809.
Azmi, Rahmi Anita, and dkk. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 2 (2020).
Fadillah, Nadila Fatin, and Nurafni Nurafni. “Pengembangan Media Pembelajaran Materi Berbagai Bentuk Pecahan Penjumlahan Dan Pengurangan Di Sekolah Dasar.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11, no. 3 (2022): 1933. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5280.
Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) 6, no. 1 (2021): 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43.
Hendriyani, Yeka, and dkk. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Teknologi 11, no. 2 (2018).
Jannah, Feryana N Miftahul, and dkk. “Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 11, no. 1 (2023). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716.
Kudus, Universitas Muria, and dkk. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SDN 1 Sarirejo.” Jurnal Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2025): 50–60. https://doi.org/10.70277/jgsd.v2i1.5.
Macalister, John, and I S P Nation. Language Curriculum Design. 2nd ed. Routledge, 2019. https://doi.org/10.4324/9780429203763.
Ningrum, Sekarwati Puji, and Safrul. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar IPAS.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 4 (2024).
Nurdin, Nurdin. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Mendongeng Di Masa Pandemi Covid 19.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2022, 43–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.75.
Oktaria, Sely, and dkk. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Lapisan Bumi Kelas VIII.” SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 5, no. 1 (2025): 210–18. https://doi.org/10.51878/social.v5i1.4888.
Sembaga, Yurike. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Komprehensif 2, no. 2 (2024).
Syavira, Nadia. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V SD.” Optika: Jurnal Pendidikan Fisika 5, no. 1 (2021): 87. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039.
Yuliana, Dyan, and dkk. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) 6, no. 2 (2023): 247–57. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025.




