PENGEMBANGAN MODERASI BERAGAMA DI KB SUBULUS SALAM SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i1.563Keywords:
pengembangan, moderasi beragamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terkait pengembangan moderasi beragama di KB Subulus Salam Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan kepala sekolah dan guru, sementara data sekunder diperoleh dari dokumentasi seperti visi dan misi, struktur organisasi, serta dokumen terkait laporan kegiatan, jadwal pembelajaran, dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan moderasi beragama di KB Subulus Salam Sidoarjo dilakukan sebagai upaya penanaman komitmen kebangsaan melalui memperkenalkan nilai-nilai kebhinekaan, penguatan toleransi. Pengembangan moderasi beragama dilakukan melalui pembelajaran dan pembiasaan. Pada proses pembelajara dilakukan dengan mengkaitkan tema-tema pembelajaran dengan nilai-nilai moderasi beragama. Untuk pembiasaan dilakukan dengan cara memperkenalkan secara keseharian nilai-nilai kebhinekaan, penguatan toleransi dengan menghormati teman dan orang lain dan menghormati keyakinan agama yang berbeda.
References
Debby Riana Hairani. ‘Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di Tk Yomako Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Papua’. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 1 (2023): 132–39. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.80.
Faizah, Faizah, and Triana Rosalina Noor. ‘Pengelolaan Pembelajaran Di KB Tunas Harapan Kabupaten Sumenep’. Al Ulum : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 1 (2024): 1–10.
Hairani, Debby Riana. ‘Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di TK Yomako Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Papua’. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 1 (2023): 132–39. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.80.
Hakim Saifuddin, Lukman. Moderasi Beragama. Kementerian Agama RI. Vol. 12, 2022. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kualitatif : Rekonstruksi Pemikiran Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2019.
Hosaini, Hosaini, and Wedi Samsudi. ‘Menakar Moderatisme Antar Umat Beragama Di Desa Wisata Kebangsaan’. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman 4, no. 1 (2020): 1–10.
Israpil. ‘Damai Tanpa Bullying Di Sekolah Menurut Perspektif Guru Agama Di Kota Tarakan’. Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Sosial Humaniora Uit, 2019, hlm 4-12.
Khotimah, Siti, and Triana Rosalina Noor. ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar’. Nuris Journal of Education and Islamic Studies 4, no. 1 (2024): 33–42. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i1.64.
Noor, Triana Rosalina. ‘Optimalisasi Aktivitas Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Usia 3-4 Tahun’. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 4 (2023): 4336–48. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3600.
———. ‘Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Di KB Al Muslim Surabaya’. Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 46–57. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.7.
Noor, Triana Rosalina, and Erwin Astutik. ‘RODA (Rotating Education Game) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menanamkan Sikap Disiplin Pada Anak Usia Dini’. As-Sabiqun 1, no. 2 (2019): 1–16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i2.298.
Noor, Triana Rosalina, and Khoirun Nisa’il Fitriyah. ‘Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural’. Palapa 9, no. 1 (2021): 76–95. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1031.
Noor, Triana Rosalina, and Muhamad Ripin Ikwandi. ‘Mengembangkan Jiwa Keagamaan Anak (Perspektif Pendidikan Islam Dan Perkembangan Anak Usia Dini)’. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 4, no. 2 (2020): 456–69. https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.269.
Noor, Triana Rosalina, and Linda Widyaningsih. ‘Tatalaksana Tenaga Pendidik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Taman Kanak-Kanak’. Journal Of Early Childhood Education Studies 2, no. 2 (2022): 26–61.
Nugroho, Taufik, Muhammad Nasrudin, Fadilah Fadilah, Ahmad Reihan Syavicky, and Yurniati Yurniati. ‘Pendampingan Pengembangan Materi Ajar PAI Moderasi Beragama Di TPA Taman Bocah Permata Hati Sleman’. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 9, no. 1 (2024): 235–46. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v9i1.2352.
Patih, Ahmad, Acep Nurulah, Firman Hamdani, and Abdurrahman Abdurrahman. ‘Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 001 (2023): 1387–1400.
Pokja Implementasi Moderasi Beragama. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Ditjen Pendis Kemenag RI, 2019.
Presiden Republik Indonesia. ‘Peraturan Presiden Republik Indonesia Tentang Penguatan Moderasi Beragama’, no. 58 (2023).
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2016.
Suryadi, Rudi Ahmad. ‘Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam’. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 20, no. 11 (2022): 1–12.
Zuliana, Zuliana, Muhammad Qorib, Oktrigana Wirian, and Qoree Butlam. ‘Edukasi Moderasi Beragama Sejak Dini Pada Anak Di Tadika Al-Fikh Orchard-Malaysia’. Berajah Journal 4, no. 2 (2024): 415–24. https://doi.org/10.47353/bj.v4i2.




