PENGELOLAAN PENGEMBANGAN BAHASA ARAB SANTRI DI ANNUQAYAH DENGAN MODEL RLA

Authors

  • Atifatul Uyun STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • M. Athoiful Fanan STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v11i2.522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa Pengelolaan pengembangan Bahasa arab santri di Annuqayah dengan model RLA melalui lima tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, memberi perintah, koordinasi dan pengendalian. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ketua pengurus, ketua lembaga RLA, devisi pendidikan, devisi penerbitan, dan devisi keamanan yang dipilih dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan pengembangan Bahasa arab santri di Annuqayah dengan model RLA di awali dengan perencanaan yang meliputi pemilihan dan penetapan tujuan, menentukan program serta menentukan strategi dan kebijakan. Kemudian pengorganisasian yang meliputi pembagian kewenangan, pembagian kerja  serta kesatuan perintah. Kemudian memberi perintah yang meliputi memberikan petunjuk dan arahan kepada para anggota, memastikan kerjasama efektif untuk mencapai tujuan lembaga. Dengan kata lain commading adalah pelaksanaan dari apa yang sudah direncanakan serta di organisasikan. Kemudian  koordinasi yang meliputi pemahaman tujuan bersama, komunikasi efektif serta partisipasi dan kolaborasi serta yang terakhir pengendalian atau evalusi yang meliputi monitoring kehadiran, evaluasi pelaksanaan program dan monitoring materi pembelajaran.

 

References

Ahmad, Dimas Zuhri, Abdulloh Muqofie, Khairunnisa Khairunnisa, Eman Sulaeman, Sarta Sarta, Fajar Shihab, and Yuyun R. Uyuni. “Manajemen Program Bahasa Arab Dalam Pelaksanaan Wajib Berbahasa.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6, no. 2 (2023): 183.

Fanan, M A. “Pendidikan Inklusif Sebagai Dasar Dalam Membentuk Santri (Studi Fenomenologi Di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Gresik).” (2022). http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6471.

Lintang, Daud. “Bahasa Arab Sebagai Identitas Budaya Islam Dan Pemersatu Keberagaman Suku.” Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies 2, no. 1 (2023): 73–

https://journal.stai-nuruliman.ac.id/index.php/tlmi/article/view/60.

Magdalena, Ina, Nurul Hidayati, Ratri Hersita Dewi, Sabgi Wulan Septiara, and Zahra Maulida. “Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya.” Masaliq 3, no. 5 (2023): 810–823.

Wardhana, Aditya, Wike Pertiwi, Andri Astuti, Citra Savitri, Mujiburrahmad, Vina Andita Pratiwi, Dadang Suhardi, et al. “Konsep Dasar Ilmu Manajemen.” Media Sains Indonesia, no. January (2022): 3. .

“Dokumentasi Di Ambil Dari Postingan Akun Resmi IG @ppa.Latee Pada Tanggal 19 Septepber 2023” (n.d.).

“Hasil Observasi Kepada Ukhti Anisah. Selaku Ketua Lembaga Roudhatul Lughah Al- Arabiyah Annuqayah Latee 2. Sumenep, 15 Desember 2023 Pukul 08.00 WIB’” (n.d.).

“Hasil Wawancara Dengan Ukhti Anisah Sebagai Ketua Roudlotul Lughah Al Arabiyah Di Kantor Pengurus Latee 2, Pukul: 14.30, Hari Senin Tanggal 22 April 2024” (n.d.).

“Hasil Wawancara Dengan Ukhti Rifqotul Hasanah Selaku Koordinator Devisi Pendidikan Roudlotul Lughah Al Arabiyah Di Kantor Diniyah Annuqayah Latee 2, Pukul: 15.40, Hari Senin Tanggal 22 April 2024” (n.d.).

“Hasil Wawancara Ukhti Rifqotul Hasanah. Selaku Koor Devisi Pendidikan Lembaga Roudhatul Lughah Al-Arabiyah Annuqayah Latee 2. Sumenep, 15 Desember 2023 Pukul 10.00 WIB’” (n.d.).

Mattew B. Miles, A. Michael Hubermen, Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methodhs Sourcebook, (California: Sage Publication, 2014), Hal. 31, n.d.

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Atifatul Uyun, & M. Athoiful Fanan. (2024). PENGELOLAAN PENGEMBANGAN BAHASA ARAB SANTRI DI ANNUQAYAH DENGAN MODEL RLA . EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 11(2), 88–97. https://doi.org/10.47077/edusiana.v11i2.522