EFISINSI PEMBELAJARAN SECARA ONLINE DI TENGAH PANDEMI BAGI MASYARAKAT KELAS MENENGAH KE BAWAH DALAM PANDANGAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v8i1.176Abstract
Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19, merupakan salah satu langkah untuk melaksanakan kegitan belajar dan mengajar. Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di Lembaga Pendidikan baik tingkat Perguruan tinggi maupun tingkat Paud, Lembaga formal maupun tidak formal berubah sangat drastis dari yang awalnya pertemuan dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran secara online. Pembelajaran yang berbasis internet ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Sehingga munculnya berbagai kendala yang timbul membutuhkan evaluasi terhadap efisensi efisinsi pembelajaran secara online di tengah pandemic bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan menampilkan beberapa hasil penelitian dengan tema yang sama dengan memfokuskan pada efisinsi pembelajaran secara online di tengah pandemic bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, dengan mengabil beberapa contoh kasus yang ada di tengah masyarakat.
Kata kunci : Pembelajaran Secara Online, Pandemic, Masyarakat Kelas Menengah Ke Bawah