IMPLEMENTASI MODEL HOMESCHOOLING DALAM UPAYA MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK

(STUDI FENOMENOLOGI DI HOMESCHOOLING GROUP MUTIARA UMAT SURABAYA)

Authors

  • Siti Indarwati Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Sidoarjo
  • Amriana STAI An-Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.16

Keywords:

Homeschooling; Kemandirian Anak

Abstract

Dalam penelitian ini terumuskan dua poin,yaitu bagaimanakah  implementasi model homeschooling dalam membentuk kemandirian anak di homeschooling dan apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi model homeschooling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model homeschooling dalam membentuk kemandirian anak; faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa homeschooling group mutiara umat Surabaya telah mengimplementasikan model Montessori dan living book yang dipadukan dengan dengan penanaman ajaran Islam, mengimplementasikan kurikulum nasional yang berfokus pada 6 pelajaran utama yang diujikan untuk ujian nasional serta memadukan dengan kurikulum khas mutiara umat yakni kurikulum syaqofah yang berfokus pada pelajaran agama, serta merupakan jenis homeschooling komunitas, adapun faktor penunjang yakni Kerjasama antara orang tua siswa, Pembekalan ajaran-ajaran atau nilai-nilai islami pada diri anak, Membekali anak untuk mandiri dan saling kerjasama, Fleksibilitas tempat belajar. Dari penelitian didapat bahwa Hasil  kemandirian dari impelementasi model homeschooling setiap anak berbeda ada korelasi positif antara penerapan model homeschooling dengan kemandirian anak.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Siti Indarwati, & Amriana. (2020). IMPLEMENTASI MODEL HOMESCHOOLING DALAM UPAYA MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK: (STUDI FENOMENOLOGI DI HOMESCHOOLING GROUP MUTIARA UMAT SURABAYA). EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 14–27. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.16