KREATIFITAS KEPEMIMPINAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MA TMI AL-AMIEN PRENDUAN

Authors

  • Muhammad Munir UIN Sunan Ampel
  • Lailatul Latifah UIN Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.15

Keywords:

Kreatifitas; Kepemimpinan Guru; Pendidikan Karakter

Abstract

Topik Penelitian dalam penelitian ini kreatifitas kepemimpinan guru dalam pendidikan karakter, Tujuan dalam penelitian ini untuk mencari bagaimana kreatifitas seorang guru dalam membangun sebuah karakter siswa, Metode penelitian tentang kreatifitas kepemimpinan guru dalam pendidikan karakter  menggunakan penelitian kualitatif yang mangaitkan dengan fenomenologi. Metode pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah pondok pesantren Al-Amien Prenduann. Analisis data diarahkan pada reduksi data, sintesisasi, triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan sebagai pengecekan keabsahan data. Hasil Penelitian ini antara lain: Pelayanan pada siswa nakal, bimbingan wali kelas, kreatifitas guru, implementasi  kurikulum 24 jam pada santri. Manfaat penelitian ini untuk memberikan pengetahuan tentang kreatifitas guru yang ada di lingkungan pondok pesantren TMI Al-Amien Prenduan dalam memberikan pendidikan karakter kepada santri.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Muhammad Munir, & Lailatul Latifah. (2020). KREATIFITAS KEPEMIMPINAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MA TMI AL-AMIEN PRENDUAN. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 01–13. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.15