KREATIFITAS KEPEMIMPINAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MA TMI AL-AMIEN PRENDUAN
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.15Keywords:
Kreatifitas; Kepemimpinan Guru; Pendidikan KarakterAbstract
Topik Penelitian dalam penelitian ini kreatifitas kepemimpinan guru dalam pendidikan karakter, Tujuan dalam penelitian ini untuk mencari bagaimana kreatifitas seorang guru dalam membangun sebuah karakter siswa, Metode penelitian tentang kreatifitas kepemimpinan guru dalam pendidikan karakter menggunakan penelitian kualitatif yang mangaitkan dengan fenomenologi. Metode pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah pondok pesantren Al-Amien Prenduann. Analisis data diarahkan pada reduksi data, sintesisasi, triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan sebagai pengecekan keabsahan data. Hasil Penelitian ini antara lain: Pelayanan pada siswa nakal, bimbingan wali kelas, kreatifitas guru, implementasi kurikulum 24 jam pada santri. Manfaat penelitian ini untuk memberikan pengetahuan tentang kreatifitas guru yang ada di lingkungan pondok pesantren TMI Al-Amien Prenduan dalam memberikan pendidikan karakter kepada santri.