Konsep Kepemimpinan Kyai Dalam Menanamkan Nilai Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren

Authors

  • Suparjo Adi Suwarno STIT Togo Ambarsari Bondowoso
  • Asia Anis Sulalah STIT Togo Ambarsari Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kyai di pondok Pesantren dalam melakukan proses kepemimpinan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok dalam keberagaman latar belakang budaya yang berbeda dalam satu naungan dan tujuan pondok Pesantren tercapai. Keberadaan seorang kiai sebagai pimpinan pondok Pesantren, ditinjau dari peran dan fungsinya, dipandang sebagai fenomena kepemimpian yang unik dan sangat menarik serta dinamik. Kepemimpinan kyai dalam membangun nilai-nilai moderasi beragama dengan menggunakan peningkatan kualitas keilmuan dan pengetahuan, kualitas perilaku yang baik dan menjadi contoh (uswah) serta kesadaran dalam membina keberagaman yang ada, dengan mengembangkan integritas kepemimpinan pada masyarakatnya, keluarganya dan santrinya maka harus mempunyai strategi yaitu menghargai keluarga, teman atau orang lain, bangun kepercayaan antar individu dan ciptakan keharmonisan, perkuat nilai-nilai keberagaman dari bebragai multi kultur bersama. menciptakan komunikasi yang memiliki kebanggaan tertentu dan menemukan dasar-dasar pijakan bersama.

Kata kunci: Kepemimpinan Kyai, Nilai-Nilai Moderasi Beragama

References

Agung Agus Setiawan, Benny Prasetiya.Kepemimpinan Kiai Dalam Menguatkan Sikap Moderasi Santri Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimi Wonoasih Proboling. Jurnal Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman E-Issn 2656-9442 Imtiyaz, Volume 7 Nomor 1, Maret 2023.

Andre Ata Ujan dkk, 2009. Multikulturalisme Belajar Hidup dalam Perbedaan (Jakarta Barat: PT. Indeks,)

Anshori LAL, 2010. Transformasi Pendidikan Islam (Jakarta: Gaung Persada Press,)

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Peran Kiai Dalam Mewujudkan Sikap Toleransi. NBER Working Papers, XXIV(2), 89.

Choirul Mahfud, 2010. Pendidikan Multikultural (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,)

Daryanto dan Mohammad Faris, MT, Konsep Dasar Manajemen disekolah, (Yokyakarta: Gava Media, 2013),h.87

Fichri Husam Rafi Irfanuddin Implementasi Sikap Moderasi Beragama Pada Santri Pondok Pesantren. Innovatif : Jurnal Pendidikan Agama dan Kebudyaan.Volume 10, No. 2 September 2024.

Gary Yukl, 2013. Leadership in Organization (Newyork: Pearson Education,)

Hafidz, M. (2021). Peran Pesantren Dalam Mengawal Moderasi Islam ( Studi Kasus diPesantrenAl Ittihad Poncol , Kabupaten Semarang ) Perkenalan. 1, 117–140.

Imron Arifin dan Muhammad Slamet, 2010. Kepemimpinan Kyai dalam Perubahan Manajemen Pondok pondok Pesantren: Kasus Ponpes Tebuireng Jombang, (Yogyakarta: CV. Aditya Media,).

Imron Arifin dan Muhammad Slamet, 2010. Kepemimpinan Kyai dalam Perubahan Manajemen Pondok pondok Pesantren: Kasus Ponpes Tebuireng Jombang, (Yogyakarta: CV. Aditya Media,).

Jamal Ma’ruf, 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional: Paduan Quality Control Bagi Pelaku Lembaga Pendidikan, Yogyakarta: Diva Press.

Jamal Ma’ruf, 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional: Paduan Quality Control Bagi Pelaku Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

James A. Banks dan Jhon Ambrosio, 2001. Handbook of Reseach on Multikultural Education, (Sanfransisco:Jossey-Bass,)

James A. Banks dan Jhon Ambrosio, 2001. Multikultural Education Issues and Perspectives, (Sanfransisco:Jossey-Bass,)

James A. Banks, 1988. Multiethnic Education: Theory: Theory and Practice, cet. 2 (Boston: Allyn and Bacon)

Maskuri, M., Ma’arif, A. S., & Fanan, M. A. (2020). Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 32–45.

Moh. Ridwan.2011. Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nanih Mahendrawati dan Ahmad Syafe.i, 2001. Pengembangan Masyarakat Islam: dari Ideologi, Strategi Sampai Tradisi (Bandung: Remaja Rosdakarya,)

Peter G. Northouse, 2013 Kepemimpinan: teori dan Praktek, edisi keenam,terjemahan, (Jakarta: Indeks,)

Peter G. Northouse, 2013. Kepemimpinan: teori dan Praktek, edisi keenam,terjemahan, (Jakarta: Indeks,)

Risieri Frondizi, 2001.Pengantar Filsafat Nilai, (Yogjakarta : Pustaka Pelajar,) Anshori LAL, 2010. Transformasi Pendidikan Islam (Jakarta: Gaung Persada Press,)

Rozaq, A. K. (2022). Kepemimpinan Kiai dalam Penguatan Moderasi Santri Sikap di Pesantren.

Salmiwati, Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural,Jurnal Al-Ta lim (Vol. 20, No. 1, 2013)

Solichin, M. M. (2018). Pendidikan Islam Moderat Dalam Bingkai Kearifan Lokal (Studi pada Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan Sumenep Madura). Jurnal MUDARRISUNA, 8(1), 174–194.

Sugianto, H., & Diva, F. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Di Pesantren ( Study Kasus Di Pondok Pesantren Harisul Khairaat Kota Tidore Kepulauan ). 15, 167– 187.

Sugiono. (2022). Pola Kepemimpinan Kiai dalam Modernisasi Manajemen Pesantren.

Supriani, Y., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Peran Kepemimpinan dalam Pembentukan Akhlak Siswa. 528–538.

Tim Penulis, 2012 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa,Departemen Pendidikan Nasional, Gramedia Pustaka Utama,.

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

Suparjo Adi Suwarno, & Asia Anis Sulalah. (2025). Konsep Kepemimpinan Kyai Dalam Menanamkan Nilai Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 12(2), 158–171. https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.595