Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Matematika SD/MI Melalui Microteaching Berbasis Permainan Edukatif

Authors

  • Ahmad Hariyadi STAINIM
  • Khoirul Anwar Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.592

Keywords:

Kompetensi Profesional, Microteaching, Permainan Edukatif, Guru Matematika, SD/MI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi profesional guru matematika SD/MI melalui pelatihan microteaching berbasis permainan edukatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 guru matematika SD/MI di Kabupaten Kediri yang mengikuti pelatihan pada tanggal 23–25 Juni 2025. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan pendekatan campuran. Instrumen yang digunakan meliputi tes kompetensi professional dan observasi microteaching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan mampu meningkatkan kemampuan peserta secara signifikan, ditandai dengan kenaikan rata-rata skor dari 56,52 pada pretes menjadi 78,52 pada postes atau meningkat sebesar 38,9%. Perbedaan ini teruji signifikan dengan uji t (Sig < 0,05) dan besarnya pengaruh pelatihan tergolong sangat tinggi (Cohen’s d = 1,7). Selain itu, standar deviasi postes yang lebih kecil dibanding pretes menunjukkan kemampuan peserta setelah pelatihan menjadi lebih homogen. Observasi microteaching mengonfirmasi bahwa sebagian besar peserta telah mampu menerapkan enam aspek pembelajaran dengan baik, terutama pada tahap pembukaan (91%), penanaman konsep (85%), serta appersepsi dan pemahaman konsep (masing-masing 83%). Meski demikian, aspek pembinaan keterampilan (82%) dan penutup (80%) masih memerlukan penguatan agar pelaksanaan pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan selanjutnya memberikan porsi lebih besar pada praktik penutup pembelajaran dan pembinaan keterampilan siswa.

References

Afidati, M., & Malasari, P. N. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIVISME Meaningful Mathematics Learning Using the Theory of Cognitivism Approach. Journal of Mathematics Educations, 2(2), 67–77.

Ain, S. Q., & Mustika, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika kepada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 2(5), 1080–1085. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.427

Apriani, F., & Sudiansyah. (2024). Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika Al Khawarizmi, 4(1).

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). MINDSET AWAL SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG SULIT DAN MENAKUTKAN. Managing Environments for Leisure and Recreation, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42

Astuti, M., Suryana, I., Rizki, M., Maharani, A. S., Susanti, F., Saputri, L. Della, & Malik, A. R. (2024). Microteaching Sebagai Pusat Sumber Belajar. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 710–718. https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.875

Djong, K. D., Jagom, Y. O., Leton, S. I., Rowa, Y. R., Uskono, I. V., Nuba Dosinaeng, W. B., & Lakapu, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD GMIT Koro’oto, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 427–438. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5334

Firdausi, R. N., & Suchayo, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Elastisitas Bahan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 351–358. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.351-358

Gunanto, S. G. (2021). Game-Based Learning: Media Konstruktif Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa. Rekam, 17(1), 71–76. https://doi.org/10.24821/rekam.v17i1.4951

Hafidzhoh, K. A. M., Madani, N. N., Aulia, Z., & Setiabudi, D. (2023). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 390–397. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1142

Hariyadi, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Insan Cendiki Boarding School (ICMBS) Sidoarjo. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(1), 55. https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i2

Hariyadi, A., Ikhwandi, M. R., & Fauzi, F. (2024). Pendampingan Penyusunan Goal Setting TK Plus Al Ikhlas Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2818–2824. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.606

Irmadurisa, A., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Menciptakan Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Di Sekolah Dasar. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 55–63. https://doi.org/10.47178/elementary.v5i2.1678

Jusra, H., & Alyani, F. (2021). Pelatihan untuk Guru-Guru SD dalam Membuat Instrumen HOTs Mata Pelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 167–172. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.4206

Lestari, S. (2024). Pengaruh Refleksi Diri dalam Mengembangkan kompetensi Profesional Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 299–304. https://siducat.org/index.php/jpt

Nasihah, Z., Kartinah, K., Fatonah, F., & Artharina, F. P. (2024). Perbedaan Model Konvensional dan Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas II SDN Mlatiharjo 01. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 972–982. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.661

Novitasari, A. T. (2023). Motivasi Belajar sebagai Faktor Intrinsik Peserta Didik dalam Pencapaian Hasil Belajar. Journal on Education, 5(2), 5110–5118. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1248

Sari, R. K., Mudjiran, Fitria, Y., & Irsyad. (2021). Kompoene Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(5), 524–532.

Sintya Dewi, R., Rismayani, R., & Muslimah, M. (2022). Keefektifan Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 129–136. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22835

Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892

Sukandi, H., Rahayu, Y. N., Safitri, N. R., & Zain, I. A. (2024). Penggunaan Alat Peraga dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. Jurnal Perspektif, 8(1), 70. https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.275

Wijayanti, N. wahyu. (2021). Cendekiawan IMPLEMENTATION OF GAMES IN MATHEMATICS LEARNING IN. Jurnal Profesional Akademisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 59–65.

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

Hariyadi, A., & Khoirul Anwar. (2025). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Matematika SD/MI Melalui Microteaching Berbasis Permainan Edukatif. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 12(2), 183–194. https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.592