Kepemimpinan Transformasional Berbasis Nilai Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidikan di Madrasah Pondok Pesantren Riyadhus Samawi

Authors

  • Laily Nur Syayidah Universitas Islam Balitar Blitar
  • Mohamad Sodik Universitas Islam Balitar Blitar
  • Rohmah Zuhdiyyatul Hasna Universitas Islam Balitar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.591

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia memiliki peran krusial dalam mencetak generasi yang berkarakter kuat. Seiring perkembangan zaman, tantangan yang dihadapi semakin kompleks, menuntut adanya kepemimpinan yang adaptif dan efektif. Model kepemimpinan transformasional dikenal mampu menginspirasi dan memotivasi bawahan untuk mencapai kinerja terbaik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kepemimpinan transformasional berbasis nilai Islam serta dampaknya dalam meningkatkan kinerja pendidikan di Madrasah Pondok Pesantren Riyadhus Samawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus eksploratif. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional berbasis nilai Islam memiliki peran krusial dalam meningkatkan kinerja pendidikan di Madrasah Pondok Pesantren Riyadhus Samawi. Kepemimpinan ini berhasil mengubah visi pesantren menjadi tujuan bersama yang dihayati oleh seluruh pihak. Para pemimpin tidak hanya menginspirasi dan memotivasi, tetapi juga bertindak sebagai teladan (uswatunhasanah) yang menerapkan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek kepemimpinan. Dengan demikian, tercipta budaya organisasi yang kuat, penuh dengan keikhlasan, tanggung jawab, dan semangat kolaborasi yang berdampak langsung pada kualitas pengajaran, hasil belajar siswa, serta keseluruhan tata kelola pesantren.

References

Al Mansur, A. J., & Sutarno, S. (2022). Manajemen Kepemimpinan Transformasional Berbasis Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 4239–4250. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2787.

Ar, S. (n.d.). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dan Budaya Organisasi Terhadap Profesionalitas Pada Kinerja Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Lampung.

Ar, S., Lukman, A., Yusuf, M., & Suwarna, A. P. (n.d.). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 6 (2).

Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104.

Bahar & A. Muhith, (2013). Transformational leadership Ilustrasi di bidang organisasi Pendidikan.

Dewi Puspaningtyas. (2020). Kepemimpinan Transformasional 1. (Bogot: PT Jawa Mediasindo Lestari).

Farid, A. (2024). Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah. 13(2).

Fitri Wahyuni & Binti Maunah. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51.

Hadi, A. F. (n.d.). Peran Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di Era Digital.

Jeny Fransiska, (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah. (Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi).

Junaidin, J., Thahir, L. S., & Askar, A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.

Murti R, Sabarudin. (2023). Implementasi Kepemimpinan Transformasional sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Temanggung. Indones J Islam Elem Educ. 17;3(2):120-131.

Nahdiyah Ky, N., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 3(2), 76–84. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i2.925.

Puspaningtyas Dewi, (2021). Kepemimpinan Transformasional 2. (Bogor: PT Jawa Mediasindo Lestari).

Subhan, S., Hayati, S. R., & Muhammad, M. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 289–298. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2984.

Suriagiri, (2020). Kepemimpinan Transformasional. (Kota Loksmawe: CV. Radja Publika).

Syafiq M. & Thoyib Muhammad, (2024). Kepemimpinan Transformasional Berbasis Pesantren dalam Pengembangan Madrasah Berstandar Internasional di Indonesia (Boylali: YMiC).

Trisnawati, T. (2024). Penerapan Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Di Man 5 Tasikmalaya. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 4(2), 122–135. https://doi.org/10.51878/educational.v4i2.3058.

Widyastuti. (2020). Kepemimpinan Transformasional. (Salatiga: (LP2M) IAIN Salatiga).

Wulandari Anna & Mulyanto Heru. (2024). Kepemimpinan. (Jawa Barat: Kimshafi Alung Cipta).

Yuni siswanti. (2015). Meraih Kesuksesan Organisasi Dengan Kepemimpinan Manajerial Yang ‘Smart’ Dengan Pendekatan Riset Empiris.

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

Laily Nur Syayidah, Mohamad Sodik, & Rohmah Zuhdiyyatul Hasna. (2025). Kepemimpinan Transformasional Berbasis Nilai Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidikan di Madrasah Pondok Pesantren Riyadhus Samawi. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 12(2), 143–157. https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i2.591