Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)

Authors

  • Siti Aminah Sekolah Tinggi Agam Islam Ma’arif Sampang, Indonesia

Keywords:

Kepemimpinan; Supervisi Akademik; Manajemen Pendidikan; Inovasi Pembelajaran.

Abstract

Topik penelitian ini mengkaji peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara mendalam bagaimana kepala sekolah menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran, manajer, supervisor akademik, inovator, motivator, dan administrator guna menciptakan lingkungan sekolah yang profesional dan kondusif. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran kepala sekolah secara terpadu mampu meningkatkan kualitas kinerja guru, mengoptimalkan proses pembelajaran peserta didik, serta membentuk budaya sekolah yang positif dan progresif. Manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi referensi praktis dan teoretis bagi para kepala sekolah, pendidik, dan pengambil kebijakan dalam mengembangkan kepemimpinan sekolah yang efektif dan berdampak nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan.

References

Akhmad Sirojuddin, Andika Aprilianto, Novela Elza Zahari. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Chalim Journal of Teaching and Learning 1, no. 2 (2021): 159–168.

Alwi, Idrus. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Daraz Publishing, 2013.

Chandra Maulana, Heri Fadli Wahyudi, Ladiva Dwi Putri. “Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Tahun 2025.” STUDIA ULUMINA: Jurnal Kajian Pendidikan 1, no. 2 (2025): 69–77.

Handayani, E. “Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kepemimpinan 5, no. 1 (2024): 67–75.

Jelantik, A.A. Ketut. Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional. Jogjakarta: Deepublish, 2015.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mulyasa. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumu Aksara, 2011.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

Nuraini, L., & Hidayat, R. “Motivational Role of Principals in Enhancing Teacher Performance in Rural Schools.” Educational Leadership Review 7, no. 1 (2025): 23-32.

Nurhayati, A. Suryadi & T. “Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2022): 45–54.

Putra, R. Y., & Kartika, M. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4, no. 3 (2022): 130–138.

Saputra, Doni. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kitab Irsyad Al-‘Ibad Represif Degradasi Moral Remaja Di Pondok Pesantren.” Salimiya : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 4, no. 3 (2023): 71–82.

Saputra, N. Fitriani & M. “No Title.” Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan 9, no. 2 (2023): 88–97.

sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suhayati, Iis Yeti. “SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU.” Jurnal Administrasi Pendidikan 10, no. 1 (213AD): 101–115.

Suparman. Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru. Penerbit Uwais Insprasi Indonesia, 2019.

Suryani, Titi, Nurul Hidayati Murtafiah, and Nur Widiastuti. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan.” Journal on Education 6, no. 1 (2023): 1196–1202.

Wahyudi, D. “Instructional Leadership Practices of School Principals in Improving Student Achievement.” Jurnal Kepemimpinan Pendidikan 3, no. 2 (2021): 112–21.

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

Siti Aminah. (2025). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 12(2), 102–113. Retrieved from http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/583