STRATEGI DAN TANTANGAN EVALUASI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Etiyasningsih Universitas Gresik
  • Sri Sundari Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i1.582

Abstract

Transformasi digital telah merevolusi dunia pendidikan, khususnya dalam proses evaluasi pembelajaran. Era digital menawarkan peluang besar dalam optimalisasi evaluasi menggunakan teknologi berbasis daring yang memungkinkan proses penilaian berjalan lebih cepat, efisien, dan objektif. Berbagai strategi telah diadopsi, seperti pemanfaatan Learning Management System (LMS), penerapan penilaian formatif digital, serta integrasi analitik data untuk memantau capaian akademik siswa. Selain itu, guru dilatih untuk meningkatkan kompetensi digital dan menerapkan metode evaluasi inovatif, seperti gamifikasi, kuis interaktif, dan simulasi daring. Namun, era digital juga menghadirkan tantangan signifikan dalam pelaksanaan evaluasi pendidikan. Kesenjangan literasi digital antara pendidik dan peserta didik, terbatasnya infrastruktur dan akses internet, serta potensi terjadinya kecurangan dan masalah keamanan data menjadi hambatan utama. Ketidakmerataan akses teknologi di berbagai wilayah semakin memperlebar disparitas kualitas evaluasi. Oleh karena itu, strategi yang tepat harus berfokus pada peningkatan kompetensi SDM, pemerataan infrastruktur, serta penguatan tata kelola pemanfaatan teknologi dalam evaluasi pendidikan. Dengan demikian, evaluasi pendidikan di era digital dapat dilaksanakan secara efektif, inklusif, dan berintegritas.

References

Abdussamad Z. Metode Kualitatif. Vol. Makasar, Syakir Media Press. 2021. 1–224 p.

Abdussamad Z. Metode Kualitatif. Vol. Makasar, Syakir Media Press. 2021. 1–224 p.

Anton, A., Nabila, Z. N., Septiani, P., & Pertiwi, A. R. (2024). Peran Strategis Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Generasi Toleran Dan Inklusif. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(9), 5258-5267.

Astuti, N. D., Sulastri, A., & Puspito, W. G. (2025). Pendidikan di era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dewi, F. H. M. P., La'i, H. N., Zahra, I. Y., & Darojah, Z. (2025). Perencanaan Strategis Dan Tata Kelola Lembaga Pendidikan Yang Terukur. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1013-1024.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28-42.

Hasanah, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Kesehatan Mental Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kota Tangerang Selatan (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Imel Ahmarita Meliana, Marsofiyati Marsofiyati. Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Katalis Pendidik J Ilmu Pendidik dan Mat. 2024;1(2):188–99.

Keristanti, R., Juliani, W., & Arifin, M. (2025). Personalized Learning untuk Generasi Z: Peluang dan Tantangan. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 411-417.

Kurniawan, A., Febriant, A. N., Hardianti, T., Ichsan, I., Desy, D., Risan, R., ... & Fuad, H. (2022). Evaluasi pembelajaran.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.

M. Riyan A, Ramdhani MA, Rizky M, Setiawan E, Majid A, Abdurrahman UKH, et al. Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. Semin Nas Tadris Mat UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. 2022;552–62.

M. Riyan A, Ramdhani MA, Rizky M, Setiawan E, Majid A, Abdurrahman UKH, et al. Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. Semin Nas Tadris Mat UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. 2022;552–62.

Malay, I., Tania, C., Ardiansyah, F. R., Adifka, M. S., & Irawan, N. S. (2025). Dampak penerapan teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di lingkungan pendidikan sekolah dan universitas. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 14-29.

Nasution K, Pohan KRD, Harahap VOP. Karakteristik, Tantangan Dan Strategi Pembelajaran Di Era Digital. J Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa. 2024;1 (01):976–97.

Rahmadani, A., Harahap, F. K. S., Ulkaira, N., Azhari, Y., & Hasibuan, S. (2024). Efektivitas penggunaan strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 060822 Medan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 54-71.

Rahmat A, Latipah HN, Ramadhani NO, Sidik MF. Strategi Pengelolaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. J Intelek dan Cendikiawan Nusant. 2025;1(6):11081–9.

Rasul, A., Zanah, A. R., & Setiawan, A. (2024). Kurang Efektifnya Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Pada SMPN 3 Dompu Akibat Fasilitas Yang Kurang Memadai. JAKAT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 40-45.

Soraya F, Marzuki I. Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy J Kaji Islam dan Pendidik. 2024;6(2):167–79.

Suwardianto H. Tantangan Pendidikan di Era Digital 5.0 [Internet]. Lembaga Chakra Brahmana Lentera. 2020. 91 Halaman. Available from: https://books.google.co.id/books?id=wdP-DwAAQBAJ

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Etiyasningsih, & Sri Sundari. (2025). STRATEGI DAN TANTANGAN EVALUASI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 12(1), 76–90. https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i1.582