Peran Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Dasar-Dasar Kepemimpinan Berdasarkan Hadis
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v12i1.571Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah memainkan peran sentral dalam menentukan arah dan kualitas pendidikan di suatu sekolah. Dalam perspektif Islam, kepemimpinan memiliki dimensi spiritual, moral, dan sosial yang kuat, sebagaimana tercermin dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip kepemimpinan Islami berdasarkan hadis, serta dampaknya terhadap pengelolaan pendidikan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan analisis konten terhadap hadis-hadis yang berkaitan dengan kepemimpinan dan studi lapangan pada beberapa kepala sekolah di lingkungan pendidikan Islam. Hasil menunjukkan bahwa prinsip seperti amanah (kepercayaan), adil, musyawarah, dan pelayanan (khidmat) menjadi nilai inti yang diterapkan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya. Temuan ini menunjukkan adanya keterkaitan yang erat antara nilai-nilai kepemimpinan dalam hadis dengan praktik kepemimpinan pendidikan yang efektif dan bermakna. Rekomendasi diberikan agar pelatihan kepala sekolah di lingkungan pendidikan Islam lebih menekankan internalisasi nilai-nilai kepemimpinan profetik. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkuat pendekatan kepemimpinan berbasis nilai spiritual dan moral dalam dunia pendidikan.
Kata Kunci: Kepala Sekolah; Kepemimpinan; Hadis
References
Faridah, A., & Yuniartin, T. (2018). Etika Kepemimpinan dalam Perspektif Hadis Nabi. IAID Ciamis, 01(1), 116–134.
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (M. Hasan (ed.)). Tahta Media Grup.
Herdiansyah, H. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humaika.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion.
Ibnu. (2017). Kepemimpinan Individu dan Sosial dalam Perspektif Hadist. Analisis, 17(1), 167–190.
Jaelani Jaelani, & Yayat Suharyat. (2022). Kepemimpinan Fil Qur’an wal Hadits. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 85–96. https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.28
Khidri, M. (2017). Kepemimpinan dalam Hadis Muhammad Khidri alwi. Jurnal Rihlah, 5(2), 32–80.
Lathifah, E., Ariska Pebiyanti, L., & Firmansyah, N. F. (2021). Kepemimpinan Islam Berdasarkan Dalil-Dalil Syar’i: Al-Quran dan Hadits. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(09), 1522–1530. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i09.278
Maimunah. (2017). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 102. https://doi.org/10.24127/att.v4i01.1205
Muh. Haras Rasyid. (2019). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. Jurnal MANAJERIAL, 2(2), 159–167. https://doi.org/10.17509/manajerial.v2i2.16466
Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71
Nizar, S., & HAsibuan, Z. E. (2019). Kepemimpinan Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Kencana.
Pancaningrum, N. (2019). Kontekstualisasi Konsep Pemimpin Dalam Teks Hadis. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 4(2), 204. https://doi.org/10.21043/riwayah.v4i2.4019
Saepudin, W. (2021). Konsep dan Konstekstualisasi Kepemimpinan dalam HAdis. Politica, 8(1), 64–76.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Graha Ilmu.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Taklimudin, T., & Saputra, F. (2018). Metode Keteladanan Pendidikan Islam dalam Persfektif Quran. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.29240/bjpi.v3i1.383
Zaenuri, A. (2019). Pendidikan Dalam Al-Qur ’ an (Konsep Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an). Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(2), 19–31.




