Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Upt Smp Negeri 19 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i1.500Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana di UPT SMP Negeri 19 Gresik dan pengelolaan dari sarana prasarana di UPT SMP Negeri 19 Gresik. Ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode skriptif analitik, dan penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi interpretasi deskriptif, pengujian validitas data, perluasan partisipasi, dan auditing. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal dan menyesuaikan dengan dana , Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan sesuai perencanaan sarana dan prasarana, penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan sesuai kebutuhan siswa, inventarisasi dilakukan sesuai ketentuan data setiap tahun, dan penghapusan barang dilakukan secara bersyarat berdasarkan kondisi barang.
The purpose of this study is to find out how the management of facilities and infrastructure at UPT SMP Negeri 19 Gresik and the management of facilities at UPT SMP Negeri 19 Gresik. This is qualitative research using analytic scriptive method, and this research was obtained based on the results of observations, interviews, and documentation. Data analysis techniques include descriptive interpretation, data validity testing, expanding participation, and auditing. The results of this study are that at the planning stage of facilities and infrastructure it is carried out by considering several things and adjusting to funds, Procurement of facilities and infrastructure is carried out according to the planning of facilities and infrastructure, use and maintenance of facilities and infrastructure is carried out according to student needs, inventory is carried out according to the provisions of the data every year , and write-off of goods is carried out conditionally based on the condition of the goods.
Keywords: Manajemen, sarana dan prasarana. (management, infrastructure)
References
———. “Penggunaan Model ICARE Dengan Media Make and Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran PAI.” Jurnal Pusaka 13, no. 01 (2023): 96–108.
Ahmad, Masduki. “Management of Facilities and Infrastructure in Schools.” Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan 10, no. 01 (2021): 93–112.
Ananda, H Rusydi, and M Pd Oda Kinata Banurea. Manajamen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. CV. Widya Puspita, Medan, 2017.
Aryani, Rusyda Ulfa, Novita Isdasari, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Penerapan Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus Di SMP Negeri 3 Bandar Lampung).” UNISAN JURNAL 1, no. 4 (2022): 212–222.
Bafadal, Ibrahim. “Pengelolaan Perlengkapan Pendidikan Di Sekolah.” Jakarta: Bumi Aksara (2004).
Bancin, Aswin, and Wildansyah Lubis. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam).” EducanduM 10, no. 1 (2017): 62–69.
Devianti, and Dita Dzata Mirrota. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Peningkatan Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Perak Jombang.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1, no. 3 (2021): 224–237.
Fuad, Nurhattati. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2016).
Hasyim, Muhammad. “Komparasi Konsep Kafaah Dalam Perspektif Imam Maliki Dan Imam Syafii.” Jurnal Pusaka 12, no. 2 (2022): 35–48.
Huda, Nurul. “Sistem Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 16–31.
Husni, Muhamad, Muhammad Hasyim, and Fatkhul Wahab. “Fenomena Publikasi Karya Tulis Ulama Nusantara Indonesia (Studi Multiperspektif Karya Tulis Di Indonesia).” Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 2, no. 1 (2019): 216–238.
Jadidah, Amatul, and Muhammad Hasyim. “IMPLEMENTASI E LEARNING PADA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN EQ PESERTA DIDIK.” Jurnal Studi Pesantren 2, no. 2 (2022): 59–76.
Manurung, Restika, Edi Harahap, Tahrun Tahrun, and Aris Suharyadi. “Manajemen Sarana Prasarana Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih.” Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan 2, no. 2 (2020): 168–177.
Mardhiyah, Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, and Muhamad Rizal Zulfikar. “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Lectura: Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (2021): 29–40.
Marie, Hamzia. “Analisis Manajemen Sarana Prasarana Efektif Meningkatkan Kreativitas Anak.” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 7, no. 1 (2021): 14–23.
Mufid, Moh Mundzirul. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikandi MAN 3 Kediri.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (2015).
Nurbaiti, Nurbaiti. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah.” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 9, no. 4 (2015).
Presiden, Republik Indonesia. “Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Pemerintah Pusat. Last modified 2021. Accessed February 14, 2023. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165024/pp-no-57-tahun-2021.
Rachman, Azhariah, Ella Andriyani, Petrus Jacob Pattiasina, Muwafiqus Shobri, and Ismatul Izzah. “Pengaruh Sarana Prasarana Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 5, no. 4 (2022): 501–513.
Shobri, Muwafiqus. “Manajemen Fasilitas Pendidikan.” In Manajemen Pendidikan, 153–166. Purbalingga: CV. Eurika Media Aksara, 2022.
Siregar, Nurafni, and S Aziza. “Optimization of Facilities and Infrastructure Management in Improving the Quality of Learning.” Jurnal Tarbiyah 28, no. 1 (2021): 30–43.
Susanto, Ramlan, Rohiat Rohiat, and Puspa Djuwita. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMK.” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 11, no. 6 (2017).
Wahid, Annisa, and Muhammad Hasyim. “MEMBANGUN KECAKAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” ILJ: Islamic Learning Journal 1, no. 4 (2023): 1068–1086.
Zainuddin, Zainuddin, and Muhammad Hasyim. “Implementation of the Learning Method of Playing, Story, Singing (BCM) in Learning Islamic Religious Education.” EDUCATIO: Journal of Education 7, no. 2 (2022): 72–78.




