Sekolah Berbasis Kecerdasan Majemuk Di Gresik
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i1.499Abstract
Membangun sekolah, hakikatnya, adalah membangun keunggulan sumber daya manusia. Sayangnya, banyak sekolah yang sadar atau tidak, malah membunuh banyak potensi siswa-siswa didiknya. Penelitian ini sekolah berbasis kecerdasaan majemuk sebab, banyak sekali sekolah khususnya di surabaya yang berpredikat sekolah robot; mulai dari proses pembelajaran, target keberhasilan sekolah, sampai pada sistem penilaiannya. Sekolah berbasis kecerdasan majemuk yaitu sekolah yang menghargai berbagai jenis kecerdasan siswa. Dalam penelitian ini menghasilkan special moment saat-saat istimewa, teori kecerdasan majemuk, indicator sekolah unggul the best process dan bukan the best input.
Sekolah, Kecerdasan majemuk (School, Multiple Intelligence )
References
———. “Penggunaan Model ICARE Dengan Media Make and Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran PAI.” Jurnal Pusaka 13, no. 01 (2023): 96–108.
Armstrong, Thomas. Sekolah para juara. Bandung: Kaifa, 2012
DePorter, Bobbi; Reardon, Mark; dan singer-Nourie, Singer-nourie, sarah. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa, 2019.
Gardner, Howard. Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence): Teori dalam praktek. Batam: Interaksara, 2013.
Hasyim, Muhammad. “Komparasi Konsep Kafaah Dalam Perspektif Imam Maliki Dan Imam Syafii.” Jurnal Pusaka 12, no. 2 (2022): 35–48.
Hoffman, Barbara G. dan Thoman, Kim. Multiple Intelligence: Teaching Kids the way they learn Grade 3. USA: Frank Schaffer Publication, Inc.,1999.
Husni, Muhamad, Muhammad Hasyim, and Fatkhul Wahab. “Fenomena Publikasi Karya Tulis Ulama Nusantara Indonesia (Studi Multiperspektif Karya Tulis Di Indonesia).” Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 2, no. 1 (2019): 216–238.
Jadidah, Amatul, and Muhammad Hasyim. “IMPLEMENTASI E LEARNING PADA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN EQ PESERTA DIDIK.” Jurnal Studi Pesantren 2, no. 2 (2022): 59–76.
Prashing, Barbara. The Power of learning styles. Bandung: Kaifa, 2007.
Wahid, Annisa, and Muhammad Hasyim. “MEMBANGUN KECAKAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” ILJ: Islamic Learning Journal 1, no. 4 (2023): 1068–1086.
Zainuddin, Zainuddin, and Muhammad Hasyim. “Implementation of the Learning Method of Playing, Story, Singing (BCM) in Learning Islamic Religious Education.” EDUCATIO: Journal of Education 7, no. 2 (2022): 72–78.