Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Batang

Authors

  • Mukharil Syach Elrico STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • M. Athoiful Fanan STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i2.439

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada sekolah SMA Negeri 1 Batang serta kendala kesenjangan Kurikulum Merdeka Belajar pada sekolah SMA Negeri 1 Batang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yang berfokus pada mendeskripsikan suatu pristiwa dan kejadian yang teah terjadi pada penelitian yang dilakukan itu. Hasil Penelitian menunjukan ahwa dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajara pada sekolah SMA Negeri 1 Batang, dimulai dari Sistem pembelajaran, manajerial pembelajaran yang mencakup dari perencanaan, Menyusun KOSP (Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan), pembuatam modul ajar, pelaksanaan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian berikut adanya kendala dan kesenjagan dari iplementasi kruikulum merdeka belaajr pada SMA N 1 Batang yakni kurangnya manajemen waktu pembelajaran dan kurangnya referensi terutama dalam tenaga pengajar (guru) dan menerapkan pembelajaran di kurikulum merdeka belajar ini.

 Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum, Merdeka belajar    

 

 

 

 

References

———. “Penggunaan Model ICARE Dengan Media Make and Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran PAI.” Jurnal Pusaka 13, no. 01 (2023): 96–108.

“Kompas.com” Google Policies & Principles juni 24, 2021 10:52 WIB https://nasional.kompas.com/read/2021/06/24/10522821/nadiem- merdeka-belajar-dirancang-untuk-prioritaskan-kebutuhan- pelajar#:~:text=Nadiem%20menjelaskan%2C%20Merdeka%20Bel ajar%20merupakan,untuk%20menilai%20tidak%20bisa%20sama.

Admin, Kemendikbud. Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran, diakses dari laman kemendikbud pada 9 Juli 2022 dari sumber https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka- sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/

Ananda. R “Perencanaan Pembelajaran (e-book)”, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), Medan. Diambil dari www.lpppindonesia.com.

Antoro, Qomaruddin Dwi. (2015). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu di MI Muhammadiyah Kebon Arum Klaten, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Carter V. Good, ed. (1973). Dictionary of Education, Third edition. New York: McGraw-Hill.

Darlis, Ahmad. (2022). “Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar”. Analytica Islamica, Vol.11 No. 2. Islamic State University of North Sumatera.

Deddy, Mulyadi. (2015). “Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik” Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan dan Pelayanan Publik. Alfabeta.

Dokumen SMA Negeri 1 Batang. (2023). Kurkuum Oprasional Satuan Pendidikan.

Fanan M. Athoiful “Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengajar Melalui Penggunaan Multimedia” ejournal.uin-malang.ac.id

Follet, Mary Parker. (2007) “Manajemen”, Jakarta : Indeks

Griffin, Ricky W. (2004) “Manajemen”, Jakarta : Erlangga

Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hanum, G. R. (2017). Buku Ajar Biokimia Dasar. Umsida Press, 1-162.

Hasyim, Muhammad. “Komparasi Konsep Kafaah Dalam Perspektif Imam Maliki Dan Imam Syafii.” Jurnal Pusaka 12, no. 2 (2022): 35–48.

Hidayat, Komar. (2019). Pengaruh Program Pelatihan dan Skor Uji Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Guru Pendidikan Khusus. Disertasi UPI Sekolah Pasca Sarjana.

Huberman, Milles. (1992) Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press,

Husni, Muhamad, Muhammad Hasyim, and Fatkhul Wahab. “Fenomena Publikasi Karya Tulis Ulama Nusantara Indonesia (Studi Multiperspektif Karya Tulis Di Indonesia).” Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 2, no. 1 (2019): 216–238.

Jadidah, Amatul, and Muhammad Hasyim. “IMPLEMENTASI E LEARNING PADA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN EQ PESERTA DIDIK.” Jurnal Studi Pesantren 2, no. 2 (2022): 59–76.

Juniardi, Wilman. (2023). Pembahasan Kurikulum Merdeka SMA Lengkap dengan Struktur dan Alokasi Waktu”.Quipper Blog direlis pada Januari 8, 2023 quipper.com.

Maulida, Utami. (2022) “Pengembanagan Modul Ajar Bebasis Kurikulum Merdeka” tarbawi, Vol.5 No. 2. stai-binamadani.e-jurnal.id/tarbawi

Mufidah, Akina, & S. Tadjila. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Konversi Panjang . Jurnal Kreatif Online (JKO) 9(3), 109-121.

Muflihin, A. (2019). Survei minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 3 Takalar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Muspawi, M. (2015). Profesionalitas Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Sekolah Dasar Negeri No. 76/Ix Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 17(1), 43491.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.

N, Nurdyansyah. (2018). ”Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurjanah, Arifta. (2015). “Efektifitas Strategi Metakgnitif dalam Pembelajaran Meteamtika ditinjau kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Seleman” Penelitian. Pendidikan Matematiak FMIPA UNY.

Oliva, Peter F. (1992). Developing the Curriculum. New York: HarperCollins Publisher.

Puskur. (2007). Gagasan Kurikulum Masa Depan. Jakarta: Balitbang Puskur Depdiknas.

R, Rahimah. (2022). “Peningkatan Kemampuan Guru SMPN 10 Kota Tebgitinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022” ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6 (1), 92-106

Rahardjo, Mudjia, Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, diakses dari https://www.uin-malang.ac.id/r/110601/metode-pengumpulan-data- penelitian-kualitatif.html, pada tanggal 03 Desember 2021, pukul 03.05 WIB

Rijali, Ahmad. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. Vol. 17. No.33.

Ronald C. Doll. (1996). Curriculum Improvemet Decision Making And Process. Boston: Nallyn Bacon.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta : Rajawali Press.

S, Suwandi. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka BelajarKampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Jurnal Prosiding Nasional 21 Oktober 2020, hal 5, diakses 9 Juli 2022 dari sumber: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Saefullah, Muhammad Usep, dkk. (2019). Model Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Pelayanan Pendidikan. Jurnal EduProf Volume 1 No. 02.

Sampurno, Pandu Joyo, Rizky Maulidiyah, and Hidayah Zuliana Puspitaningrum. “Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA,” no. 55 (2015).

Sopiansyah dan Masruroh, “Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).”

Sopiansyah, Deni, and Siti Masruroh. “Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 4, no. 1 (August 11, 2021): 34–41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458.

Sudarma, Momon. (2021) “Belajar Merdeka Belajar” Menjadi Manusia Autentik. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Penelitian, Tesis dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno, Edy (2011) “Manajemen Sumber Daya Manusia”, ( Jakarta: Kencana)

Syaifuddin. (2006). Design Pembelajaran dan Implementasinya. Ciputat: PT Quatitum Teaching.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. Paper of Matematohir. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahid, Annisa, and Muhammad Hasyim. “MEMBANGUN KECAKAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” ILJ: Islamic Learning Journal 1, no. 4 (2023): 1068–1086.

Zainuddin, Zainuddin, and Muhammad Hasyim. “Implementation of the Learning Method of Playing, Story, Singing (BCM) in Learning Islamic Religious Education.” EDUCATIO: Journal of Education 7, no. 2 (2022): 72–78.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Mukharil Syach Elrico, & M. Athoiful Fanan. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Batang. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 148–169. https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i2.439