Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Vocational Skill Siswa MA Bahrul Ulum Binangun Singgahan Tuban

Authors

  • Mela Anggilia IAI Al Hikmah Tuban
  • Ahmad Suyanto IAI Al Hikmah Tuban

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i2.436

Keywords:

manajemen kesiswaan, vocational skill, siswa

Abstract

Untuk mengatasi beberapa siswa lulusan yang tidak dapat melanjutkan studi pendidikannya ditingkat perguruan tinggi karena faktor ekonomi dan kemampuan siswa yang terbatas. untuk itu meningkatkan kemampuan keterampilan siswa perlu beberapa kegiatan ketrampilan,  akan tetapi tidak mudah untuk menerapkan kegiatan ini karena masih terdapat beberapa kendala. penelitian ini dilakukan di MA Bahrul Ulum Binangun Singgahan Tuban, karena lembaga pendidikan ini memiliki kegiatan ketrampilan siswa yang dapat mengembangkan bakat-bakat siswanya. fokus penelitian ini Pertama, tentang Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan vocational Skill Siswa. kedua, kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaannya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang diharapkan dapat memberi gambaran dari tempat penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data penelitian ini adalah kepala Sekolah, wakil kepala Sekolah Bidang Keiswaan, pembimbing vocational skill siswa. dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan manajemen kesiswaan melalui empat fungsi empat manajemen yaitu, 1)perencanaan dengan pembuatan program kerja serta tujuan kegiatan, 2) pengorganisasian dengan mengrekrut siswa dan pembuatan struktur kegiatan, 3) pelaksanaan pembuatan desain untuk efent-efent tertentu, penguploudan 122 desain ke social media, pembuatan 20 gantungan kunci dan 6 tas dari songket,serta 5 anak yang mahir dalam public speaking dan 16 anak yang dalam proses pelatihan public speaking. 4) evaluasi melalui pengecekan jurnal kegiatan, absen serta LPJ kegiatan. kendala yang di alami yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan kegiatan serta kondisi siswa mulai dari motivasi belajar serta lingkungan sekitar yang kurang mendukung.

 

kata kunci: manajemen kesiswaan, vocational skill, siswa

 

References

Aminah, siti. “peran pemerintah menanggulangi radikalisme dan terorisme di indonesia.” Inovasi pembangunan: jurnal kelitbangan 4, no. 01 (2016): 83–101.

Cahyaningrum, dwi retno, dan dinie ratri desiningrum. “jiwa-jiwa tenang bertabir iman: studi fenomenologi pada mahasiswi bercadar di universitas negeri umum kota yogyakarta.” Jurnal empati 6, no. 3 (5 maret 2018): 278–96. Https://doi.org/10.14710/empati.2017.19757.

Fadli, adi. “transformasi digital dan moderasi beragama: memperkuat ummatan wasathan di indonesia.” Schemata: jurnal pasca sarjana iain mataram 12, no. 1 (2023): 1–14.

Futaqi, s. “konstruksi moderasi islam (wasathiyyah) dalam kurikulum pendidikan islam.” … of annual conference for muslim scholars, no. Query date: 2022-11-10 20:29:28 (2018). Http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/download/155/155.

Hamdi, saibatul, munawarah munawarah, dan hamidah hamidah. “revitalisasi syiar moderasi beragama di media sosial: gaungkan konten moderasi untuk membangun harmonisasi.” Intizar 27, no. 1 (1 juli 2021): 1–15. Https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191.

Harahap, suheri, dan zulkarnaen zulkarnaen. Deradikalisasi gerakan teroris di sumatera utara: studi terhadap sistem pembinaaan mantan teroris di pesantren al-hidayah kecamatan sunggal deli serdang. Medan: manhaji, 2018. Http://repository.uinsu.ac.id/5160/.

Harto, kasinyo. “model pengembangan pendidikan agama islam berbasis multikultural.” Al-tahrir: jurnal pemikiran islam 14, no. 2 (1 november 2014): 407–26. Https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v14i2.122.

Hasan, mustaqim. “prinsip moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa.” Jurnal mubtadiin 7, no. 02 (16 september 2021): 110–23.

Hasyim, Muhammad. “Komparasi Konsep Kafaah Dalam Perspektif Imam Maliki Dan Imam Syafii.” Jurnal Pusaka 12, no. 2 (2022): 35–48.

Husni, Muhamad, Muhammad Hasyim, and Fatkhul Wahab. “Fenomena Publikasi Karya Tulis Ulama Nusantara Indonesia (Studi Multiperspektif Karya Tulis Di Indonesia).” Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 2, no. 1 (2019): 216–238.

Inayatillah, inayatillah. “moderasi beragama di kalangan milenial peluang, tantangan, kompleksitas dan tawaran solusi.” Tazkir: jurnal penelitian ilmu-ilmu sosial dan keislaman 7, no. 1 (2021): 123–42.

Jadidah, Amatul, and Muhammad Hasyim. “IMPLEMENTASI E LEARNING PADA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN EQ PESERTA DIDIK.” Jurnal Studi Pesantren 2, no. 2 (2022): 59–76.

Jannah, septa miftakul. “nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti smk kelas xi kurikulum 2013.” Diploma, iain ponorogo, 2021. Http://etheses.iainponorogo.ac.id/14247/.

Kardina, nina, m. Defriansyah angga putra, hendra harmi, dan dina hajja ristianti. “pengalaman multikultural dan kecerdasan kultural (membangun kesadaran multikultural siswa di sekolah berbasis agama).” Nusantara : jurnal ilmu pengetahuan sosial 10, no. 5 (28 juli 2023): 2604–10. Https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2604-2610.

Mubarok, gilang ardela, dan eneng muslihah. “peran guru pendidikan agama islam membentuk sikap keberagaman dan moderasi beragama.” Geneologi pai: jurnal pendidikan agama islam 9, no. 1 (12 juli 2022): 115–30. Https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616.

Munadlir, agus. “strategi sekolah dalam pendidikan multikultural.” Jurnal pendidikan sekolah dasar ahmad dahlan 2, no. 2 (agustus 2016): 114–30. Https://doi.org/10.12928/jpsd.v3i1.6030.

Mustafida, fita. Pendidikan islam multikultural. Jakarta: pt. Rajagrafindo persada, 2021.

Nurhakiky, sri mulya, dan muhammad naelul mubarok. “pendidikan agama islam penangkal radikalisme.” Iq (ilmu al-qur’an): jurnal pendidikan islam 2, no. 01 (2019): 101–16. Https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.27.

Ridwan, wachid. “policing terrorism: pendekatan pencegahan ekstremisme agama dan terorisme.” Independen: jurnal politik indonesia dan global 2, no. 1 (11 april 2021): 41–50. Https://doi.org/10.24853/independen.2.1.41-50.

Rozi, f. Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam anti radikalisme kekerasan di sma nurul hikmah blumbungan pamekasan. Query date: 2022-10-02 14:39:45. Opacperpus.iainmadura.ac.id, 2018. Http://opacperpus.iainmadura.ac.id/index.php?p=show_detail&id=16614&keywords=.

Siswanto, dwi joko, frangky silitonga, dan shine pintor siolemba patiro. “konsep pencegahan paham radikal dan aksi teror di era revolusi industri 4.0: tinjauan teori kognisi sosial.” Jurnal mahatvavirya 9, no. 2 (20 september 2022): 29–45.

Subhan, arief. Lembaga pendidikan islam indonesia: abad ke-20. Yogyakarta: kencana, 2012.

Turmudi, endang, dan m. Riza sihbudi. Islam dan radikalisme di indonesia. Jakarta: yayasan obor indonesia, 2005.

Umar, mardan. “pembinaan kedamaian hidup beragama melalui optimalisasi pendidikan agama.” Jurnal ilmiah iqra’ 10, no. 1 (26 februari 2018). Https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.588.

Wahid, Annisa, and Muhammad Hasyim. “MEMBANGUN KECAKAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” ILJ: Islamic Learning Journal 1, no. 4 (2023): 1068–1086.

Wibisono, m. Yusuf. “agama, kekerasan dan pluralisme dalam islam.” Kalam 9, no. 2 (desember 2015): 187–214.

Yakin, ayang utriza. Islam moderat dan isu-isu kontemporer : demokrasi, pluralisme, kebebasan beragama, non- muslim, poligami dan jihad. Jakarta: kencana, 2016.

Zainuddin, Zainuddin, and Muhammad Hasyim. “Implementation of the Learning Method of Playing, Story, Singing (BCM) in Learning Islamic Religious Education.” EDUCATIO: Journal of Education 7, no. 2 (2022): 72–78.

Zamzamy, ahmad. “menyoal radikalisme di media digital.” Dakwatuna: jurnal dakwah dan komunikasi islam 5, no. 1 (2019): 13–29.

Zuhdi, muhammad harfin. “radikalisme agama dan upaya deradikalisasi pemahaman keagamaan.” Akademika: jurnal pemikiran islam 22, no. 1 (2017): 199–224.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Mela Anggilia, & Ahmad Suyanto. (2023). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Vocational Skill Siswa MA Bahrul Ulum Binangun Singgahan Tuban. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 103–123. https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i2.436