Tipologi Pemikiran Pendidikan Islam Di Indonesia

Authors

  • Itsna Noor Laila STAI Al Yasini Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i2.229

Abstract

Pemikiran pendidikan adalah serangkaian proses kerja akal dan kalbu yang dilakukan secara bersungguh-sungguh dalam melihat berbagai persoalan yang ada dalam pendidikan Islam. Untuk memahami pemikiran pendidikan Islam, perlu ditegaskan kembali bahwa kata Islam merupakan kata kunci yang berfungsi sebagai sifat, penegas dan pemberi ciri khas pada kata pemikiran pendidikan. Dengan demikian, pengertian pemikiran pendidikan Islam berarti pemikiran pendidikan yang secara khas memiliki ciri islami, yang dengan ciri khas itu ia membedakan dirinya dengan model pemikiran pendidikan lainnya. Pemahaman tersebut membawa konsekuensi logis bahwa penempatan kata Islam setelah kata pemikiran pendidikan mengindikasikan adanya pemikiran pendidikan dalam ajaran Islam. Pemikiran pendidikan yang didefinisikan secara akurat dan bersumber pada ajaran (agama) Islam, itulah pemikiran pendidikan Islam. Hal ini perlu ditegaskan untuk menghindari akulturasi pemikiran pendidikan non-Islam yang “terpaksa” dilegitimasi oleh Islam sebagai pemikiran pendidikan Islam, padahal isi dan semangatnya tidak sesuai dengan ajaran Islam. Secara umum, dinamika pendidikan Islam di Indonesia dapat dipetakan menjadi empat corak pemikiran, yaitu tradisionalisme, modernisme, neo modernisme dan post-tradisionalisme. Keempat corak tersebut merupakan hasil pengerucutan penulis dalam melihat fenomena perjalanan model pemikiran pendidikan Islam di Indonesia, terutama dalam pergulatan intelektual yang umumnya terjadi antara golongan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

 

Kata kunci  : Tipologi,  Pemikiran,  Pendidikan Islam

 

References

al Attas, Syed Muhammad Naquib. 1986. Konsep Pendidikan Islam. Terj Haidar Baqir. Bandung: Mizan.

al Jabiri, Muhammed Abed. 2000. Post Tradisionalisme Islam. Yogyakarta: Lkis.

Ali, Fachry dan Bahtiar Efendi. Merambah Jalan Baru Islam, Rekonstruksi Pemikiran Islam Indonesia Masa Orde Baru. Bandung: Mizan, 1990.

Aziz , Ahmad Amir. 1999. Neo Modernisme Islam di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Bruinessen, Martin van. 1994. NU Tradisi Relasi Kuasa dan Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: LK.

Dhofier, Zamakhsari. 1982. Tradisi Pesantren: Study tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES

Faisol. 2011. Gus Dur dan Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Feillard, Andree. 1999. NU vis-a-vis Negara, Pencarian Isi, Bentuk, dan Makna. Yogyakarta: LKis

Jainuri, Achmad. 2004. Orientasi Ideologi Gerakan Islam. Surabaya: LPAM.

John M. Echols dan Hasan Syadily. 1979. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia

Madjid, Nurcholish. 1993. Islam Kemodernan dan Ke-Islaman, Bandung: Mizan

Mahmud, dan Tedi Priatna. 2005. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Epistemologi, Sistem dan Pemikiran Tokoh. Bandung: Sahifa.

Maliki, Zainuddin. 2004. Agama Priyayi, Yogyakarta: Pustaka Marwa

Marijan, Kacung, 1992. Quo Vadis NU Setelah Kembali ke Khittah 1926. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Misrawi, Zuhairi Misrawi. Dari Tradisionalisme menuju Post Tradisionalisme, dalam jurnal Tashwirul Afkar, no 10 tahun 2001

Mudasir. 2007. Ilmu Hadits. Bandung: Pustaka Setia.

Mulkhan, Munir . 2000. Islam Murni dalam Masyarakat Petani. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Mulkhan, Munir. 2000. Islam Murni dalam Masyarakat Petani. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Nata, Abudin. 2001. Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Noer, Deliar. 1996. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3S.

Rahman, Musthofa. 2001. Pendidikan Islam dalam Perspektif al Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, Zaini. 2001 “Post Tradisionalisme Islam: Epistemologi Peloncat Tangga” dalam Buletin Wacana Postra, edisi perkenalan, November .

Rumadi. 2007. Post Tradisionalisme Islam: Wacana Intelektualisme dalam Komunitas NU. Jakarta: Direktorat Pendidikan TInggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dan Departemen Agama RI.

Susanto, A. 2009. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah

Tilaar, H.A.R., 1998. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Lentera, Cet. I.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trilogi Naqd al ‘Aql al Arabi (Kritik Nalar Arab) tersebut terdiri dari tiga buku, yaitu Takwin al ‘Aql al Arabi (pembentukan nalar Arab, 1982), Bunyah al ‘Aql al Arabi (Struktur Nalar Arab, 1986), dan al ‘Aql al Siyasi al Arabi (Nalar politik Arab, 1990) yang ketiganya diterbitkan oleh Markaz Dirasah al Wihdah al Arabiyah, Beirut, Lebanon.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Th. 2003 tentang SISDIKNAS. 2008. Jakarta: Sinar Grafika.

W.J.S. Poerwadarminta. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka 1991

Yunus, Mahmud. 1990. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Itsna Noor Laila. (2022). Tipologi Pemikiran Pendidikan Islam Di Indonesia. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 132–154. https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i2.229