Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V Mi Darul Hikmah Prasung Sidoarjo

Authors

  • Fitri Dewi Andani STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Nur Arofah Tis’inah STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i2.228

Abstract

Media meruapakan perantara komunikasi dipakai setiap individu untuk menyalurkan pesan berupa ide, gagasan, dan pendapat yang disampaikan. Media tersebut berbasis power point merupakan media berbentuk power point yang berguna dalam memahamkan materi pelajaran kepada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan pembelajaran daring di MI Darul Hikmah Prasung Sidoarjo berjalan menggunakan power point sebagai media pembelajaran yang dinilai tidak membosankan dan bisa mengondisikan siswa. Tujuannya materi yang disampaikan bias menarik perhatian siswa. Sedangkan motivasi belajar siswa di kelas V MI Darul Hikmah Prasung Sidoarjo bergantung dari kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Media pembelajaran daring interaktif berbasis power point untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V MI Darul Hikmah Prasung Sidoarjo. Dengan demikian guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan begitu, motivasi siswa untuk belajar akan termotivasi.

 

Kata kunci: Media, Power Point, Motivasi Belajar

 

References

Asrori, Imam dan Moh. Ahsanuddin. Media Pembelajaran Bahasa Arab Dari Kartu Sederhana Sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: CV. Bintang Sejahtera. 2016

Farida, Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 1. 2015.

Saryani, Nunuk dkk. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018.

Karwati, Euis Doni Juni Priansa, Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta. 2015.

Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2015.

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. 2003.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Fitri Dewi Andani, & Nur Arofah Tis’inah. (2022). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V Mi Darul Hikmah Prasung Sidoarjo . EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 125–131. https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i2.228