PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM
DOI:
https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i1.204Abstract
Komuniksi organisasi yang baik merupakan salah satu faktor kunci penentu keberhasilan sebuah organisasi atau sekolah dalam menjalankan visi misi atau program sekolah. Akan tetapi pendistribusian kompensasi yang baik dan benar kepada dewan guru dan karyawan tidak kalah penting, karena kompensasi merupakan salah satu aspek yang paling sensitif di dalam hubungan kerja. Dengan adanya komunikasi organisasi dan kompensasi yang baik didalam sekolah diharapkan para dewan guru dan karyawan mendapatkan kepuasan kerja seperti yang mereka harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris apakah komunikasi organisasi dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi baik secara simultan dan parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif explanatory research dengan metode positivistik berlandasan filsafat positifisme. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling dan teknik sampling menggunakan purposive sampling dan ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael yaitu sebanyak 146 yang dibagi secara proporsional dari setiap unit untuk diambil perwakilan. Pengujiannya menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 22. Hasil analisis menunjukkan variabel komunikasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan (Standardized Coefficients) 0,240 dan Sig. sebesar 0,003 ≤ 0,05, variabel kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan (Standardized Coefficients) 0,422 dan Sig. Sebesar 0,003 ≤ 0,05. Sedangkan bersama-sama (simultan) komunikasi organisasi dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru, dengan nilai F hitung sebesar 36,090 ≥ F tabel 3,06 dan Sig. 0,000 ≤ 0,05. Kemudian untuk uji R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,335 atau 33%, sedangkan sisanya sebesar 67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru
DAFTAR PUSTAKA
Hussein Fattah, 2017, Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai, (Yogyakarta: Elmatera).
Ahmad Munir, 2012, Menjadi Kepala Sekolah Efektif, (Yogyakarta : Ar Ruzz Media).
Ahmad Sukur, 2016, Pengaruh Kompensasi dan Komunikasi Organisasi Terhadap kepuasan Kerja Guru di Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Kota Sukabumi, Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Alo Liliweri, Wacana Komunikasi Organisasi (Bandung: Mandar Maju, 2004).
Askolani, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Bandung : UPI Press).
Brandley Setiyadi, 2015, Supervisi Dalam Pendidikan, (Purwodadi: CV Sanur Untung).
Buchari Zainun, 2000, Manajemen dan Motivasi, (Jakarta : Balai Aksara).
Elviera sari. indicates that compensation and organizational climate strongly affect the job satisfactions. (Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Volume 16, Nomor 1 ISSN 0854-3844)
Herlintati, 2020, Budaya Kerja dan Kompensasi Kinerja Tenaga Medis, (Yogyakarta: IGI DIY).
I Made Adi Suryadharma, I Gede Riana, Desak Ketut Sintaasih, Pengaruh Kepemimpinan dan kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (STUDI PADA PT. BPR SRI ARTHA LESTARI DENPASAR). (E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.2 ISSBN 2337-3067)
Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19, (Semarang : Badan Penerbit UNDIP).
Irene Silviani, 2019, Komunikasi Organisasi, (Surabaya : Scopindo).
Makarawung Seidy, Adolfina, Ferdy Roring, Communication And Compensation Effect On Employee Satisfaction Of Rri Manado Office Manado. (Jurnal EMBA Vol.6 No.4 ISSN 2303-1174)
Martoyo, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta : Bpfe).
Republika.co.id., Kesejahteraan berpengaruh terhadap kinerja Guru, (28 November 2018), diakses 17 Januari 2021.
Ricu Sidiq, Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo dan Sherin, 2019, Strategi Belajar Mengajar Sejarah : Menjadi Guru Sukses, (Jakarta : Yayasan Kita Menulis).
Sopan Andrianto, 2019, Penorika Kepemimpinan Sekola, (Jakarta : PT Elex Media Komputindo).
Stephen P. Robbins, Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, (Jakarta: Erlangga, 2002).
Sugiyono, 2008, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, edisi keempat (Bandung : Alfabeta).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung : Alfabeta).
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi, (Jakarta: Bhineka Chipta, 2000).
Undang-undang Tentang Pendidikan Nasional (UURI No. 20 tahun 2003) dan peraturan pelaksanaannya, (Jakarta: Sinar Grafika, 2003).
Sutrisno. E. 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Kencana.
References
A. Hussein Fattah, 2017, Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai, (Yogyakarta: Elmatera).
Ahmad Munir, 2012, Menjadi Kepala Sekolah Efektif, (Yogyakarta : Ar Ruzz Media).
Ahmad Sukur, 2016, Pengaruh Kompensasi dan Komunikasi Organisasi Terhadap kepuasan Kerja Guru di Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Kota Sukabumi, Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Alo Liliweri, Wacana Komunikasi Organisasi (Bandung: Mandar Maju, 2004).
Askolani, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Bandung : UPI Press).
Brandley Setiyadi, 2015, Supervisi Dalam Pendidikan, (Purwodadi: CV Sanur Untung).
Buchari Zainun, 2000, Manajemen dan Motivasi, (Jakarta : Balai Aksara).
Elviera sari. indicates that compensation and organizational climate strongly affect the job satisfactions. (Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Volume 16, Nomor 1 ISSN 0854-3844)
Herlintati, 2020, Budaya Kerja dan Kompensasi Kinerja Tenaga Medis, (Yogyakarta: IGI DIY).
I Made Adi Suryadharma, I Gede Riana, Desak Ketut Sintaasih, Pengaruh Kepemimpinan dan kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (STUDI PADA PT. BPR SRI ARTHA LESTARI DENPASAR). (E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.2 ISSBN 2337-3067)
Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19, (Semarang : Badan Penerbit UNDIP).
Irene Silviani, 2019, Komunikasi Organisasi, (Surabaya : Scopindo).
Makarawung Seidy, Adolfina, Ferdy Roring, Communication And Compensation Effect On Employee Satisfaction Of Rri Manado Office Manado. (Jurnal EMBA Vol.6 No.4 ISSN 2303-1174)
Martoyo, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta : Bpfe).
Republika.co.id., Kesejahteraan berpengaruh terhadap kinerja Guru, (28 November 2018), diakses 17 Januari 2021.
Ricu Sidiq, Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo dan Sherin, 2019, Strategi Belajar Mengajar Sejarah : Menjadi Guru Sukses, (Jakarta : Yayasan Kita Menulis).
Sopan Andrianto, 2019, Penorika Kepemimpinan Sekola, (Jakarta : PT Elex Media Komputindo).
Stephen P. Robbins, Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, (Jakarta: Erlangga, 2002).
Sugiyono, 2008, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, edisi keempat (Bandung : Alfabeta).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung : Alfabeta).
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi, (Jakarta: Bhineka Chipta, 2000).
Undang-undang Tentang Pendidikan Nasional (UURI No. 20 tahun 2003) dan peraturan pelaksanaannya, (Jakarta: Sinar Grafika, 2003).
Sutrisno. E. 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Kencana.




