KEPEMIMPINAN DEMOKRASI PADA MADRASAH

Authors

  • Mochammad Maulana Robbi Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan
  • Muhammad Ubaidillah Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan
  • Akhmad Fauzi Hamzah Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i1.202

Abstract

Tujuan artikel ini untuk menjelaskan tentang kepemimpinan demokratis yang tepat untuk diterapkan di Madrasah. Masalah yang urgen di madrasah saat ini kepemimpinan belum menunjukkan yang demokratis. Adapun Metode pengumpulan data di penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan jurnal, hasil penelitian, buku yang mendukung tema penelitian, diantaranya literatur tentang kepemimpinan yang meliputi bentuk kepemimpinan demokratis, dan model kepemimpinan demokratis. Sedangkan hasil penelitian ini mengambarkan bahwa kepemimpinan demokratis sangat dibutuhkan dan penting untuk mengatasi serta mewujudkan madrasah bermutu dimasa depan.

Kata Kunci : kepemimpinan demokratis, madrasah

 

DAFTAR RUJUKAN

 

Akbar, N. (2017). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah. Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 05 No. 09 , 41-62.

 

Bass, Bernard M., dan Riggio, Ronald E. (2006). Transformational Leadership. New Jersey: Lawrence Elrbaun Associates, New York: Simmon and Schuster

 

Basri.H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Pustaka Setia

 

Fauzi, A., & Muali, C. (2018). Menelusuri Jejak dan Kiprah Kiai Mohammad Hasan Genggong; Dalam Membangun Kepemimpinan Spritual-Transformatif. Islam Nusantara , LTN PBNU, 2(1), 17–31

 

Gunawan, R. N. D. Dan L. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 1.

 

Hefniy. (2016). Kyai Leadership in Improving Organizational PErformance in Pesantren. Proceeding, 2nd ICET Theme:“Improving The Quality Of Education And Training Through Strengthening Networking,” 324

 

Hakim, A. R., & Yahya, M. (2014). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di SMA PPMI Assalam Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 67–77

 

Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes.

 

 Idawati. (2013). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Eklektika, 1(2), 162.

 

Indra Yugusna, Azis Fathoni, A. T. H. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dan Kedisiplinan Karyawan. Journal Of Management, 2(2), 1.

 

Idris. M (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan, 10(04), 411–415.

 

Kusmanto, (2013) Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Berbasis Ketamansiswaan, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 8, No. 2, Hal 122 – 148

 

Karwati, & Priansa, D. J. (2013). Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta

 

Kusmintardjo, Ubaidillah. M, Imron. A, & Budi.B. (2016). Principal Visionary Leadership In Organizational Culture. Proceeding ICET Vol.02 . Hal.  597-603

 

Laliasa, G., Nur, M., & Tambunan, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis , Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perkebunan Dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tenggara. Journal Of Economic And Business.

 

Natalia. R,  Djunaedi, dan Gunawan. L. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 3

 

Priyono, & Rahayu. A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Pengembangan Karier Guru Smk Di Kabupaten Boyolali. E-Jurnal Ekonomi, 4(1), 25–44.

 

Rohmat,  (2010). Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: Stain Press.

 

Susanti. Y. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Administrasi Negara Vol.3 No. 1.

 

Setiawan, A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja. AGORA Vol. 5 No. 3

 

Syamsidar, dan Listiya Y. (2019). Kepemimpinan demokratis dalam upaya meningkatkan motivasi kerja pegawai. Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri Palembang

 

Sukma, O., & Hidayati. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sdn 2 Bencah Kabupaten Bangka Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 258–265. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V27i2.26429

 

Ubaidillah. M, & Wijoyo. I . (2016). Visionary leadership in entrepreneurship. The Third International Conference on Entrepreneurship. Hal. 355- 361

 

Ubaidillah, M. (2017).  The competence head of junior high school national standard pondok pesantren based. International Research-Based Education Journal, Vol. 1 No. 2,

 

Ubaidillah, U, Imron, A, Budi. B, Arifin, A. (2019). Inovation Leadership In Improving The Quality Of Quality Of Education. Jurnal IJMET. Vol.08. Hal.1288-199

 

Wahab, & Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

 

Yunita. S, Khosiah. S, & Maryani. K. (2020) Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Hal. 20-29 E-ISSN : 2549-7367

 

References

Akbar, N. (2017). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah. Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 05 No. 09 , 41-62.

Bass, Bernard M., dan Riggio, Ronald E. (2006). Transformational Leadership. New Jersey: Lawrence Elrbaun Associates, New York: Simmon and Schuster

Basri.H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Pustaka Setia

Fauzi, A., & Muali, C. (2018). Menelusuri Jejak dan Kiprah Kiai Mohammad Hasan Genggong; Dalam Membangun Kepemimpinan Spritual-Transformatif. Islam Nusantara , LTN PBNU, 2(1), 17–31

Gunawan, R. N. D. Dan L. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 1.

Hefniy. (2016). Kyai Leadership in Improving Organizational PErformance in Pesantren. Proceeding, 2nd ICET Theme:“Improving The Quality Of Education And Training Through Strengthening Networking,” 324

Hakim, A. R., & Yahya, M. (2014). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di SMA PPMI Assalam Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 67–77

Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes.

Idawati. (2013). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Eklektika, 1(2), 162.

Indra Yugusna, Azis Fathoni, A. T. H. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dan Kedisiplinan Karyawan. Journal Of Management, 2(2), 1.

Idris. M (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan, 10(04), 411–415.

Kusmanto, (2013) Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Berbasis Ketamansiswaan, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 8, No. 2, Hal 122 – 148

Karwati, & Priansa, D. J. (2013). Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta

Kusmintardjo, Ubaidillah. M, Imron. A, & Budi.B. (2016). Principal Visionary Leadership In Organizational Culture. Proceeding ICET Vol.02 . Hal. 597-603

Laliasa, G., Nur, M., & Tambunan, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis , Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perkebunan Dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tenggara. Journal Of Economic And Business.

Natalia. R, Djunaedi, dan Gunawan. L. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 3

Priyono, & Rahayu. A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Pengembangan Karier Guru Smk Di Kabupaten Boyolali. E-Jurnal Ekonomi, 4(1), 25–44.

Rohmat, (2010). Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: Stain Press.

Susanti. Y. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Administrasi Negara Vol.3 No. 1.

Setiawan, A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja. AGORA Vol. 5 No. 3

Syamsidar, dan Listiya Y. (2019). Kepemimpinan demokratis dalam upaya meningkatkan motivasi kerja pegawai. Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri Palembang

Sukma, O., & Hidayati. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sdn 2 Bencah Kabupaten Bangka Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 258–265. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V27i2.26429

Ubaidillah. M, & Wijoyo. I . (2016). Visionary leadership in entrepreneurship. The Third International Conference on Entrepreneurship. Hal. 355- 361

Ubaidillah, M. (2017). The competence head of junior high school national standard pondok pesantren based. International Research-Based Education Journal, Vol. 1 No. 2,

Ubaidillah, U, Imron, A, Budi. B, Arifin, A. (2019). Inovation Leadership In Improving The Quality Of Quality Of Education. Jurnal IJMET. Vol.08. Hal.1288-199

Wahab, & Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Yunita. S, Khosiah. S, & Maryani. K. (2020) Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Hal. 20-29 E-ISSN : 2549-7367

.

Downloads

Published

2022-03-11

How to Cite

Mochammad Maulana Robbi, Muhammad Ubaidillah, & Akhmad Fauzi Hamzah. (2022). KEPEMIMPINAN DEMOKRASI PADA MADRASAH . EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 22–33. https://doi.org/10.47077/edusiana.v9i1.202