MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH ISLAM TERPADU KABUPAEN SIDOARJO

Authors

  • Tri Ida Siswati STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO

DOI:

https://doi.org/10.47077/edusiana.v8i1.177

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah memiliki sarana dan prasarana baik itu memadai ataupun tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu dikelola  untuk kepentingan proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran. Pengelolaan yang dimaksudkan agar dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menseskripsikan tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian di Madrasah Aliyah Islam Terpadu (MAIT) Darul Fikri Kabupaten Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran di MAIT Darul Fikri Sidoarjo sudah sesuai dengn teknik pengelolahannya yang meliputi perencanaan, penginventarisan, pemeliharaan, penghapusan dan pengendalian. Pada dasasrnya semua sarana dan prasarana yang ada di madrasah memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran akan tetapi kelengkapannya ada yang belum memenuhi standar sarana dan prasarana sehingga masih diperlukan untuk ditinjau ulang dan dilakukan perbaikan.

 

 

Kata Kunci : pembelajaran, sarana, prasarana

 

Downloads

Published

2021-08-11

How to Cite

Tri Ida Siswati. (2021). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH ISLAM TERPADU KABUPAEN SIDOARJO. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 56–65. https://doi.org/10.47077/edusiana.v8i1.177